Breaking News

    KEY PERFORMANCE INDICATOR DALAM ORGANISASI ATAU PERUSAHAAN

    KEY PERFORMANCE INDICATOR DALAM ORGANISASI ATAU PERUSAHAAN

    Key Performance Indicator (KPI) atau Indikator Kinerja Utama merupakan suatu metode yang dapat digunakan organisasi atau perusahaan untuk mendefinisikan dan mengukur kemajuan menuju tujuan. Key Performance Indicators bersifat kuantitatif, yang disetujui sebelumnya oleh manajemen dan mencerminkan faktor-faktor penentu keberhasilan sebuah organisasi atau perusahaan. Key Performance Indicator biasanya berbeda pada setiap organisasi atau perusahaan tergantung pada jenis,bentuk dan visi misinya.

    Key Performance Indicator biasanya merupakan pertimbangan jangka panjang. Tujuan untuk Key Performance Indicator tertentu dapat berubah jika tujuan organisasi berubah, atau karena lebih cepat untuk mencapai tujuan.

    Key Performance Indicator bertujuan untuk memastikan berjalannya tugas organisasi atau perusahaan yang diberikan kepada masing-masing individu atau unit. Penggunaan instrumen ini berfungsi untuk mengevaluasi kinerja organisasi atau perusahaan berbasis unit maupun untuk memotret keseluruhan organisasi atau perusahaan secara general dengan mengevaluasi bagian terkecil.

    Bagaimana cara menyusun Key Performance Indicator yang baik?.

    Key Performance Indicator yang baik merinci setiap aspek dalam ukuran yang spesifik sehingga penilaian atas setiap aspek menjadi terukur dan objektif.  Penilaian atas aspek yang tidak memiliki nilai tambah strategis bagi organisasi perlu diperhitungkan secara matang atau dihindari.

    Berikut ini tiga tahapan untuk penyusunan Key Performance Indicator:

    1. Tahapan pertama : menyusun tujuan besar Key Performance Indicator dan implementasinya. Tujuan menggambarkan target strategis yang akan dicapai.
    2. Tahapan kedua yaitu menetukan unit analisa yang harus disusun dengan rinci dengan definisi operasional yang dapat dipahami dan jelas. Kesalahn membuat unit analisa dan definisi operasional dapat mengaburkan validitas hasil yang diperoleh menggunakan instrumen Key Performance Indicator.
    3. Tahapan ketiga adalah menyusun item evaluasi yang ideal dalam Key Performance Indicator tidak melampaui jumlah 15 butir item.

     

    Related posts

    Leave a Reply

    %d bloggers like this: