Breaking News

    Kiat Praktis untuk Memperkuat Komunikasi Internal Startup Anda

    Kiat Praktis untuk Memperkuat Komunikasi Internal Startup Anda

    Bagi generasi millennial saat ini, membangun sebuah startup bisa menjadi sebuah tantangan bagaimana kita bisa menerapkan kemampuan dalam hal berkomunikasi dengan orang lain.

    Ketika Anda mempekerjakan seseorang, tentu saja Anda harus punya kemampuan komunikasi yang baik. Ketika membangun sebuah startup, Anda akan menjadi orang yang paling sering mendelegasikan sebuah tugas dan tanggung pada orang lain. Untuk itu, maka komunikasi yang Anda bangun dengan karyawan haruslah jelas agar mereka bisa mengerjakan tugas sesuai harapan.

    Menurut ShiftPlanning (Perusahaan pencipta software penjadwalan karyawan), komunikasi internal yang efisien bisa meningkatkan produktivitas sebuah bisnis startup. Hal ini termasuk di dalamnya adalah menyederhanakan pesan yang disampaikan, menyampaikan pesan dengan jelas, dan menghilangkan jargon.

    Komunikasi internal dengan melampirkan batas waktu sebuah tugas bisa membuat semua karyawan Anda mengerti pentingnya sebuah tugas. Selain itu, mereka akan mengerti tentang tanggung jawab yang mereka dapat dan juga harapan Anda bagaimana pekerjaan tersebut diselesaikan.

    Cara terbaik membuat batas waktu adalah dengan menyertakan tanggal atau waktu tertentu. Mungkin banyak tugas/ pekerjaan yang bukan pekerjaan prioritas, namun jika pekerjaan tersebut tidak diberikan “due date” akan berpotensi tidak pernah selesai dikerjakan.

    Jika Anda tidak memberikan batas waktu, maka Anda tidak bisa marah saat staff tersebut tidak menyelesaikan tugas yang diterima. Oleh karena itu, selalu jelaskan tentang pentingnya tugas tersebut dan berikan tenggat waktu.

    Kariers, Memberikan informasi dengan cara tersamar dan ambigu kepada orang lain hanya akan menghabiskan waktu, baik waktu Anda dan waktu si staff. Mereka akan menghabiskan waktu untuk mencari tahu tugas apa yang sebenarnya Anda berikan padanya.

    Berikan informasi mengenai tugas mereka dengan jelas, dan selalu berikan waktu pada mereka untuk meminta klarifikasi mengenai tugas tersebut.

    Selain itu, Anda juga perlu meminta staff Anda untuk terbuka ketika mereka tidak mengerti mengenai pekerjaan yang diberikan padanya. Ini salah satu bentuk pengawasan dari Anda sehingga bisa menjadi pertimbangan apakah Anda akan memberikan tugas tersebut pada orang lain. Seseorang yang mengerti pekerjaannya akan menyelesaikan tugas tersebut sesuai dengan standar yang Anda harapkan.

    Memberikan informasi secara jelas dan ringkas sejak awal adalah cara terbaik untuk berkomunikasi dengan tim Anda. Hal ini akan membuat Anda dihargai oleh tim dan membuat tim Anda semakin produktif dalam jangka panjang.

    Anda bisa meningkatkan produktifitas tim Anda dengan meninjau kembali cara berkomunikasi selama ini. Selain membuat tim Anda lebih produktif, komunikasi yang baik akan membuat mereka lebih bahagia, Anda tidak stress, dan projek startup Anda akan selesai dalam waktu yang lebih cepat.

    sumber:
    www.maxmanroe.com

    Related posts

    Leave a Reply

    %d bloggers like this: