Breaking News

    Kunci sukses lewat rencana kerja harian (daily agenda)

    Kunci sukses lewat rencana kerja harian (daily agenda)

    Satu hal yang yang sering terlupakan dalam menjalankan rencana kerja adalah rencana kerja harian (daily agenda). John C. Maxwell pernah mengatakan rahasia sebuah kesuksesan sebenarnya terletak pada agenda harian (the secret of your success is determine in your daily agenda). Jadi, apa yang kita lakukan hari ini sangatlah penting bagi tercapainya sasaran Anda kariers. “The greatest enemy of tomorrow”s success is today’s success,” lanjutnya. Masa depan selalu didirikan di atas keberhasilan dan kegagalan hari ini.

    Jika hal ini ditarik ke wilayah spiritual, teringat dengan sebuah pepatah bijak. Yesterday is a history, tomorrow is a mistery, today is a gift. That”s why we call it present. Sayangnya, banyak orang yang sangat berorientasi ke masa depan atau terlalu asyik bernostalgia dengan prestasi masa silam sehingga melupakan arti pentinya hari ini. Ingatlah, hari kemarin telah berakhir tadi malam. Lagipula, seperti kata Jack Hayford, seseorang yang tidak akan pernah bisa membuat kemajuan artinya seseorang itu terus menerus “menggendong” masa lalu di belakang kita.

    Masa depan itu ibarat sebuah kanvas kosong yang menunggu Anda untuk mulai melukisnya hari ini. Jangan sampai suatu saat Anda menyesalinya dan berkata, “Ah, andai saja telah kulakukan 25 tahun yang lalu.” Penyesalan selalu datang belakang dan tidak ada gunanya. Hiduplah di masa sekarang dan bangunlah sebuah pondasi yang positif bagi masa depan Anda.

    Jika Anda masih bingung karena tidak memiliki rencana kerja hari ini atau daily agenda, cobalah menyimak nasihat Brian Tracy. Dalam buku The 21 Success Secrets of Self Made Millionaire, Brian Tracy menyarankan agar kita mendedikasikan diri pada pembelajaran seumur hidup. Hal ini senada dengan yang dikatakan Denis Waitley, “Pembelajaran berkesinambungan adalah persyaratan minimum untuk sukes dalam bidang apa pun.”

    Menurut Tracy ada 3 kunci pembelajaran seumur hidup,

    Pertama

    Membaca pelajaran yang sesuai dengan bidang kita 30-60 menit setiap harinya. Membaca bagi otak adalah seperti olahraga bagi tubuh. Jika Anda meluangkan waktu satu jam setiap hari maka rata-rata Anda akan membaca 1 buku setiap minggunya dan 52 buku dalam setahun.

    Kedua

    Adalah mendengarkan kaset di mobil ketika sedang dalam perjalanan. Motivator handal dari Malaysia, Andrew Ho mengatakan kita harus mendengarkan isi kaset hingga 16 kali agar bisa memahaminya dan masuk ke dalam pikiran bawah sadar. “Singkirkanlah kaset-kaset lagu yang hanya melemahkan semangat Anda,” saran Andrew yang juga penulis buku best seller, Highway to Success

    ketiga

    Yaitu ikutilah kursus atau seminar yang dapat membantu Anda bertumbuh.

    Nasihat dari Van Crouch seperti tertulis dalam bukunya Dare to Succeed. Yesterday is gone and tomorrow may be never come, but you”ve still got today. Make it count! Ya, hari kemarin telah berlalu dan hari esok mungkin tak akan pernah menghampiri hidup Anda. Satu-satunya yang dimiliki adalah hari ini. Buatlah hari ini berarti kariers.

    Related posts

    Leave a Reply

    %d bloggers like this: