Google Analytics Alternative

Langkah cermat menganalisis CV

Langkah cermat menganalisis CV

Memiliki kualifikasi yang baik dan track record yang lama merupakan alasan kuat bagi perekrut untuk mempertimbangkan calon untuk suatu posisi, tapi banyak dari calon kandidat dengan kualitas-kualitas penting bahkan tidak masuk ke daftar wawancara karena kesalahan sederhana kariers, yaitu terletak pada CV.

CV merupakan senjata pertama kita ketika kita akan melamar suatu pekerjaan. Perekrut biasanya akan mempertimbangkan kita apakah lolos ke tahap interview atau tes dengan mengandalkan CV yang kita buat kariers. Untuk itu, berikut langkah cermat menganalisis CV menurut Lillian Bususu, seorang ahli ketenagakerjaan di Independent Institute of Education.

1. The who and the what

Apa nama perusahaan, dan apa posisi yang Anda lamar? Pastikan bahwa Anda memiliki rincian yang benar dan setiap referensi sesuai dengan informasi yang tepat. Kejelasan informasi sangat mempengaruhi pada poin ini. Salah informasi sedikit saja, bisa fatal akibatnya.

2. The how

Prestasi akademik, pengalaman dan latar belakang pastikan ada dalam sebuah CV . Pastikan juga bahwa CV dan aplikasi dibaca berulang ulang untuk menghindari kesalahan ketik dan tata bahasa dari kesalahan ejaan. Desain CV juga sangat berpengaruh untuk lolos ke tahap selanjutnya. CV dengan desain yang bagus akan menarik perhatian rekruter untuk membacanya. Tapi ingat, menarik disini bukan berarti membuat CV dengan desain berlebih.

3. The what now

Salah satu hal yang sulit bagi anda adalah mencari pekerjaan, tetapi hal yang juga sulit bagi perusahaan yaitu ingin bertahan dalam ekonomi yang menantang. Semua perusahaan ingin bakat terbaik dan individu yang ambisius untuk bergabung dengan tim mereka. Maka tidak akan terkesan baik ketika tertulis di CV bahwa anda telah lulus 2 tahun lalu, tapi anda hanya duduk saja dirumah, carilah hal bermanfaat lain jika anda sedang menganggur yang dapat membuktikan nilai anda.

CV adalah sebagian kecilnya untuk menggambarkan diri anda di depan perekrut. Dengan CV sebagai pembukanya, perekrut bisa membaca kepribadian kamu dengan sekilas. Untuk itu, buatlah CV semenarik mungkin tapi dengan desain yang tidak berlebihan. Tetap positif dan percaya diri kariers.

Related posts

Leave a Reply

%d bloggers like this: