Breaking News

    Leader dan Manager, Bedanya apa?

    Leader dan Manager, Bedanya apa?

    Didalam sebuah perusahaan atau organisasi, seringkali kita mendengar istilah leader dan manajer. Kedua peran ini ternyata tidak sama loh. Mereka memiliki perannya masing-masing dalam sebuah struktur manajemen. Sebenarnya seseorang dapat merangkap dua peran itu sekaligus, namun seorang leader hebat tak serta merta handal juga menjadi manajer begitupun sebaliknya.  Jadi tetaap saja meskipun terlihat sama—tapi mereka berbeda.

    Kita simak yuk apa yang membedakannya?

    1. Leader melakukan inovasi sedangkan Manager mengelola.

    Artinya seorang Leader adalah orang yang mempunyai ide-ide dan menggerakan suatu organisasi atau perusahaan dan membuat serta mengembangkan strategi baru untuk mencapai tujuan organisasi tersebut. Leader dituntut untuk mengerti dan mengikuti tren-tren terbaru dan melakukan inovasi. Sedangkan seorang manager menetapkan apa yang telah ditetapkan, mengelola dan mengatur sumber daya yang dapat berupa uang, aset, SDM, metode kerja dan waktu, serta mempertahankan kontrol dan mengatasi gangguan atau masalah dalam sebuah organisasi.

    2. Leader menginspirasi sementara Manager bergantung pada kontrol.

    Leader jelas menginspirasi karena dia yang memiliki ide-ide dan penggerakandalam sebuah organisasi atau perusahaan. Sebagai seorang inspirator leader seperti seorang nahkoda yang akan membawa penumpang menuju tujuan sesuai kendali yang dia miliki. Dan seorang manager bergantung pada ketetapan standar pelaksanaan organisasi dengan tujuan perencanaan, menentukan dan mengukur penyimpangan serta mengambil tindakan koreksi yang diperlukan untuk menjamin semua sumber daya pada organisasi atau perusahaan dengan efektif dan efesien dalam pencapaian tujuan perusahaan.

    3. Leader: ‘what’ and ‘why’ manajer: ‘how’

    Karena leader sang pemilik ide, jadi leader banyak bertanya ‘apa’ untuk target yang akan digarap selanjutnya dan ‘kenapa’ untuk sesuatu yang tidak sesuai dengan targetnya.

    Dan manajer orang yang menanyakan ‘bagaimana’, bagaimana dengan ide-ide selanjutnya, bagaimana target yang akan dicapai selanjutnya, dll. Manajer merupakan peran yang mengutamakan proses dan kinerja bawahannya agar berjalan sebagaimana mestinya.

    Jadi, sudah bisa membedakan kan antara leader dan manajer? Ternyata mereka berbeda ya..



    Sumber:
    https://haniff24.wordpress.com
    https://dewiretnopalupi.wordpress.com

     

    Related posts

    Leave a Reply

    %d bloggers like this: