Breaking News

    Lebih buruk lagi…

    Lebih buruk lagi…

    Alkohol memiliki efek yang jelas merusak pengendalian diri. Sumber fisiologis dari kekuatan kita tampaknya adalah glukosa, yang berfungsi sebagai bahan bakar untuk otak dan otot kita. Sejumlah penelitian telah menemukan bahwa ketika kita melakukan pengendalian diri, kadar glukosa kita menurun (Galliot et al, 2007). Dan ketika orang diberikan glukosa dalam bentuk minuman manis, mereka menunjukkan peningkatan pengendalian diri. Menariknya, bahkan berkumur dengan minuman manis dan kemudian meludahkannya telah terbukti meningkatkan pengendalian diri, kemungkinan karena reseptor di mulut kita diperdaya untuk berpikir bahwa kita mengonsumsi glukosa (Sanders et al., 2012). Tetapi sama seperti gula yang meningkatkan glukosa, alkohol jutsru menghabiskannya. Selezat gelas-gelas sampanye, tetap saja tubuh kamu melihatnya sebagai racun dan karenanya ia berusaha keras untuk menghilangkan alkohol. Oleh karena itu, untuk memperoleh energi yang cukup dalam tugas ini, tubuh kamu sementara waktu mematikan fungsi lain, termasuk pemeliharaan kadar glukosa yang sehat. Inilah sebabnya mengapa 50-70% orang dengan penyakit hati alkoholik juga memiliki kelainan terkait glukosa (misalnya, Diabetes).

    Tetapi dampak negatif dari alkohol pada glukosa darah belum tentu langsung berdampak di hari berikutnya. Jadi pada saat kita memulai resolusi kita pada 1 Januari, kita telah menghabiskan sumber daya dari pengendalian diri kita sendiri. Ini seperti memulai perjalanan dengan tangki bensin yang kosong.

    Bagaimana jika kamu tidak minum pada Tahun Baru? Atau bagaimana jika kamu tidur pada jam yang wajar dan hanya menonton berita pergantian tahun di berita pada pagi harinya? Apa ini berarti kamu telah melakukan kegagalan? Tidak juga. Selain perayaan Tahun Baru, akhir tahun juga menandai berakhirnya aktivitas yang menjemukan. Kita lelah oleh semua pesta liburan, menu makan malam yang dimasak dengan rumit dan interaksi keluarga yang tegang.

    Related posts

    Leave a Reply

    %d bloggers like this: