Breaking News

    Machine Learning

    Machine Learning

    Sejak pertama kali komputer diciptakan manusia sudah memikirkan bagaimana caranya agar komputer dapat belajar dari pengalaman. Istilah machine learning pada dasarnya adalah proses komputer untuk belajar dari data (learn from data). Oleh karena itu jika kita ingin belajar machine learning, pasti akan terus berinteraksi dengan data. Data bisa saja sama, akan tetapi algoritma dan pendekatan nya berbeda-beda untuk mendapatkan hasil yang optimal.

    Machine learning dibangun dengan menggunakan algoritma. Rangkaian instruksi ini akan menyelesaikan suatu permasalahan. Contoh algoritma yang dimaksud adalah decision tree learning dan association rule learning. Namun, algoritma machine learning yang berperan dalam kehidupan di dunia adalah jaringan saraf buatan, suatu teknik yang terinspirasi oleh cara kerja neuron otak manusia.

    Sederhananya begini: suatu jaringan saraf terdiri dari beberapa lapisan neuron. Input masuk melalui lapisan pertama kemudian diteruskan ke lapian neuron berikutnya sampai menghasilkan output. Kemudian hal menarik pun terjadi. Siapapun yang menjalankan jaringan dapat mendefinisikan seperti apa output akhir yang “benar” seharusnya. Setiap kali data didistribusikan melalui jaringan tersebut, hasil akhirnya dibandingkan dengan hasil yang “benar”, dan sejumlah penyempurnaan akan dilakukan hingga tercipta output akhir yang benar. Dengan kata lain, jaringan tersebut mampu melatih dirinya sendiri untuk mempelajari karakteristik data dan meningkatkan kemampuannya dalam mengidentifikasi benda tersebut. Begitulah Machine Learning bekerja.

    Machine Learning berkaitan erat dengan komputerisasi statistic yang merupakan disiplin ilmu tentang membuat keputusan atau prediksi dengan menggunakan computer. Machine Learning sendiri memadukan banyak pendekatan seperti teori probabilitas, logika, combinatorial optimization, pencarian, statistika, reinforcement learning, dan control theory. Metode yang dihasilkan merupakan dasar dari banyak implentasi seperti vision to language, perkiraan, pengelolaan pola-pola, permainan, data mining, expert system serta robotika.

    Dari uraian di atas dapat dibayangkan bukan bagaimana mana masa depan yang akan kita jalani jika semua aspek kehidupan sudah menggunakan machine learning? Bisa jadi semua aktivitas manusia akan digantikan oleh robot seperti dalam film-film yang kita tonton selama ini.


    Sumber:

    www.codepolitan.com

    www.id.techinasia.com

    www.infokomputer.grid.id

     

     

    Related posts

    Leave a Reply

    %d bloggers like this: