Breaking News

    Malingering: Perilaku Berpura-pura Sakit

    Malingering: Perilaku Berpura-pura Sakit

    Psikolovers, tahukah Anda mengenai malingering? Berdasarkan DSM-IV TR, malingering adalah adanya kondisi berpura-pura sakit sebagai bagian yang disengaja dengan menampakkan gejala fisik atau psikologis yang palsu atau terlalu berlebihan. Kondisi ini berkaitan dengan penghindaran tugas seperti tugas militer, pekerjaan, tuntutan pidana, untuk memperoleh kompensasi finansial, atau memperoleh obat-obatan. Dapat dikatakan, perilaku malingering ini dilakukan demi mendapatkan keuntungan pribadi.

    Seseorang dapat dikatakan malingering apabila ia memiliki ciri-ciri sebagai berikut:

    1. Terkait dalam konteks medikolegal

    Malingering yang bertujuan untuk menghindari tanggung jawab biasanya berkaitan dengan dunia hukum. Medikolegal yaitu ilmu yang mengaitkan medis dengan hukum. Biasanya untuk menghidari tuntutan pidana atau hukuman, seseorang yang melakukan malingering akan berpura-pura sakit dengan melakukan berbagai macam cara.

    2. Ada kesenjangan yang dikeluhkan dengan hasil pemeriksaan dokter

    Hasil pemeriksaan yang dimiliki dokter biasanya berbeda dengan keluhan yang dialami orang dengan malingering. Hasil pemeriksaan objektif akan menunjukkan hasil yang tidak seburuk dengan apa yang dikeluhkan.

    3. Pasien kurang bekerja sama dengan dokter

    Terkadang orang dengan malingering enggan untuk melakukan prosedur pemeriksaan yang sesuai. Ia menghindari menjalankan pemeriksaan medis yang semestinya. Terkadang bahkan mereka akan rela membayar untuk memodifikasi hasil pemeriksaan.

    4. Berkaitan dengan gangguan kepribadian antisosial

    Orang dengan malingering cenderung memiliki ciri kepribadian yang terkait dengan gangguan kepribadian antisosial, yaitu adanya pola menetap dari seseorang yang tidak menghargai hukum dan norma sosial.

     

    Psikolovers, pernahkah kalian melihat orang-orang dengan malingering ini?

    Related posts

    Leave a Reply

    %d bloggers like this: