Breaking News

    Manfaat Talent Management bagi Perusahaan & Karyawan

    Manfaat Talent Management bagi Perusahaan & Karyawan

    Manfaat penerapan talent management menurut Smilansky (2008) yaitu:

    1. Perusahaan dapat mengembangkan top management terbaik yang siap untuk menghadapi persaingan bisnis yang semakin keras.
    2. Memungkinkan untuk terjadi rotasi kerja untuk saling mengisi talenta antar unit yang berbeda, sehingga tidak terjadi “krisis” talenta dan pemberdayaan karyawan pun terjadi dengan maksimal
    3. ketika kita sudah memiliki karyawan bertalenta, maka upaya berikutnya adalah mempertahankan mereka. bagaimana caranya? talent management memiliki sistem untuk menjaga seorang bertalenta dengan melalui kesempatan pengembangan karir.
    4. Semakin banyak karyawan yang bertalenta, maka kemungkinan perusahaan untuk terus maju akan semakin besar. maka salah satu PR dari para praktisi HR adalah untuk memperluas kelompok talenta internal.
    5. Sistem yang dikembangkan dalam talent management, secara tidak langsung dapat membangun kebutuhan seluruh pihak di perusahaan untuk memiliki talenta terbaik sebagai kunci untuk keberhasilan bisnis.
    6. Dengan menerapkan sistem talent management yang bersifat holistik, maka perusahaan akan mampu menghemat biaya pergantian karyawan. Sebab pengisian kebutuhan akan tenaga kerja bisa dilakukan melalui cara internal rekrutmen. Selain itu, perusahaan yang telah menerapakan talent management pada umumnya memiliki karyawan yang loyal, sehingga turn over menjadi rendah sehingga biaya rekrutmen dapat ditekan.

    Adapun manfaat Talent Management bagi karyawan menurut Honey (2009), antara lain:

    1. Meningkatkan motivasi dan komitmen
    2. Mengembangkan dan mengomunikasikan ke jalur karir
    3. Meningkatkan pengetahuan tentang kontribusi kepada sasaran perusahaan
    4. Kepuasan kerja:
      • Terpenuhinya kebutuhan hidup karyawan berupa renumerasi yang baik dan kompetitif serta berbagai fasilitas
      • Terpenuhinya kebutuhan untuk berkembang dengan kesempatan untuk belajar dan pengembangan karir yang jelas
      • Terpenuhinya kebutuhan untuk berkontribusi berupa kesempatan memberikan kebebasan berkreatifitas untuk memajukan organisasi/perusahaan

    Related posts

    Leave a Reply

    %d bloggers like this: