Breaking News

    Melanjutkan Pendidikan S2 atau Kerja?

    Melanjutkan Pendidikan S2 atau Kerja?

    Melamar pekerjaan memanglah bukanlah perkara yang bisa dilalui dengan mudah. Apalagi di zaman sekarang ini dengan persaingan yang sangat ketat. Banyak para jobseekers yang akhirnya memilih untuk melanjutkan kuliah lagi karena sudah lama menganggur dan belum mendapat pekerjaan. Tapi perlu diingat bahwa melanjutkan studi S2 pun memang tidak mudah. Selain membutuhkan biaya yang tidak sedikit, kamu akan selalu digempur dengan banyaknya tugas.

    Tidak ada salahnya mencoba untuk melanjutkan pendidikan. Karena menuntut ilmu memang penting. Tapi apakah S2 penting? Bisa ya, bisa tidak. Penting jika kamu benar-benar membutuhkannya dan sudah mantap dengan tujuan karir. Tapi tidak penting jika kamu sebaliknya. Kenapa? Karena seorang Master idealnya menyukai dan menguasai bidang yang diambil. Bukan coba-mencoba lagi seperti jenjang sebelumnya. Lagipula, S2 belum tentu menjamin kesuksesanmu atau kemajuan karirmu. Kecuali kamu seorang peneliti.

    Sebelum membenamkan kaki di medan perjuangan mahasiswa pasca sarjana, coba pertimbangkan lagi dan yakinkan diri dulu: “Apakah kamu memang ingin belajar lagi?“. Keputusan untuk menempuh pendidikan lanjutan tentunya sangatlah baik, selama alasannya bukan ini:

    1. Kamu hanya ingin menghindar dari kewajiban mandiri secara finansial
    2. Kamu ingin lepas dari persaingan pencarian kerja yang sangat ketat
    3. Sekolah pascasarjana hanya pelarian untuk keluar dari pekerjaanmu yang membosankan
    4. Sekolah lagi hanya jadi alat untuk mewujudkan impian tinggal di luar negeri (kamu bisa menabung dan traveling saja, tanpa harus investasi waktu dan pikiran bertahun-tahun)
    5. Kamu tidak tahu apa yang harus dilakukan dengan hidupmu, sehingga mengambil keputusan untuk sekolah lagi.

    Jika 5 alasan diatas adalah pendorong keinginanmu melanjutkan pendidikan, maka kamu sebaiknya memikirkan ulang. Daripada membuang waktu untuk lari dari masalah dengan S-2, masih banyak cara lain yang lebih baik untuk menghadapinya. Dari pendapat para praktisi pun menyimpulkan bahwa meskipun pendidikan Pascasarjana bisa membawa keuntungan dalam proses mencapai karir impian, tapi dia bukanlah segalanya. Keahlian teknis dan passion yang kuat juga akan lebih menentukan kesuksesanmu.

    Sumber:
    https://www.hipwee.com/
    http://www.kampusgw.com

     

    Related posts

    Leave a Reply

    %d bloggers like this: