Breaking News

    Melatih Fleksibilitas Otak

    Melatih Fleksibilitas Otak

    Otak merupakan organ vital dalam tubuh kita. Otak berfungsi sebagai pusat kontrol seluruh organ di tubuh kita. Di dalam otak terdapat ribuan syaraf yang terhubung dengan bagian tubuh. Dalam aktivitas sehari-hari pun kinerja otak memiliki peran penting. Ketika kita melakukan banyak aktivitas sehari-hari, bukan tidak mungkin otak kita cepat merasa lelah sehingga kita kesulitan untuk fokus pada apa yang kita lakukan. Berganti aktivitas dari satu ke yang lain pun akan menyebabkan otak semakin lelah. Jika otak sudah lelah, kita akan kesulitan untuk berpikir, mengingat, dan lainnya. Oleh karena itu, agar mampu beraktivitas secara optimal, perlu untuk meningkatkan fleksibilitas otak. Dilansir dari psychologytoday.com, berikut adalah beberapa tips untuk melatih fleksibilitas otak:

    1. Peringatkan dirimu sendiri untuk menyelesaikan suatu pekerjaan

    Setiap kamu melakukan sesuatu dan ada hal laing yang dirasa perlu dikerjakan, peringatkan kembali dirimu untuk selesaikan aktivitas yang terlebih dahulu kamu kerjakan. Ini untuk menghindari kebingungan dalam penyelesaian tugas secara bersamaan.

    2. Pastikan kamu mengetahui tempat menyimpan barang

    Kita seringkali asal menyimpan barang kemudian lupa menyimpannya. Untuk menghindari hal tersebut, biasakan setiap kamu menyimpan barang di manapun itu, pastikan untuk melihat lokasi penyimpanannya dan membuat “mental photo” di otak sehingga ketika kamu mencari barang tersebut, gambar itu akan muncul di otak.

    3. Sebelum meninggalkan tempat, pastikan kamu sudah mengecek ulang

    Biasakan untuk mengecek setiap tempat yang akan kamu tinggalkan. Pastikan tidak ada benda milikmu yang tertinggal yang nantinya akan mengganggu pikiran dan mengalihkan perhatianmu akan hal yang seharusnya tidak perlu terjadi.

    4. Bergumamlah saat berusaha untuk mengingat

    bergumam atau mengucapkan sesuatu saat mengingat akan memudahkan otak untuk menyimpan informasi di otak dan lebih mudah untuk mengingat kembali.

    5. Latih otak untuk mengingat kembali keberadaan barang yang hilang

    Ketika kamu kehilangan sesuatu, latihlah otak untuk mengingat kembali di mana barang tersebut berada dengan membuat pola pola imajiner di dalam otak dan me-recall semua yang sudah dilakukan.

    6. Jangan memberi sugesti bahwa kamu pelupa

    Penelitian menunjukkan ada orang yang lebih mampu dalam mengingat dan tidak. namun jangan karena fakta tersebut kamu menganggap diri kamu adalah orang yang sulit mengingat karena sekali kamu meyakinkan dirimu bahwa kamu orang yang pelupa, hal itu akan menjadi distraksi pada otak sehingga kinerja otak menjadi berkurang.

    Related posts

    Leave a Reply

    %d bloggers like this: