Breaking News

    Memahami Lembur Kerja

    Memahami Lembur Kerja

    Penggunaan waktu lembur merupakan metoda yang paling umum digunakan untuk menghadapi fluktuasi dalam volume kerja. Adapun definisi lembur menurut Kepmen No.102 tahun 2004 pasal 1 ayat 1 adalah waktu kerja yang melebihi 7 (tujuh) jam sehari dan 40 (empat puluh) jam 1 (satu) minggu untuk 6 (enam) hari kerja dalam 1 (satu) minggu atau 8 (delapan) jam sehari, dan 40 (empat puluh) jam 1 (satu) minggu untuk 5 (lima) harikerja dalam 1 (satu) minggu atau waktu kerja pada hari istirahat mingguan dan atau pada hari libur resmi yang ditetapkan Pemerintah.

    Waktu lembur dapat menguntungkan pihak karyawan maupun pihak perusahaan. Berikut adalah manfaat yang akan diraih ketika memilih untuk menerapkan penggunaan waktu lembur:

    • Segi perusahaan
    1. Perusahaan akan terbebas dari biaya rekrutmen & seleksi (proses mencari kandidat, wawancara, psikotes, fee agen)
    2. Perusahaan akan terbebas dari biaya pelatihan (relokasi dan pemrosesan karyawan baru yang akan dilatih).
    • Segi karyawan
    1. Karyawan akan diuntungkan dari tingkat gaji yang lebih tinggi.
    2. Karyawan berkesempatan untuk meningkatkan performa kerja dan menyelesaikan pekerjaan lebih cepat dari jatuh tempo.

     

    Namun, selain bermanfaat dari segi finansial, ternyata penggunaan waktu lembur akan rentan memunculkan masalah-masalah potensial tersendiri. Apa saja masalah-masalah itu?

    • Banyak manajer percaya bahwa pada saat mereka memperkerjakan karyawan untuk periode waktu lama melebihi waktu normal seperti biasanya, perusahaan akan membayar lebih banyak dan mendapatkan lebih sedikit manfaat dari hasil kerja karyawan yang lembur.
    • Para karyawan dapat menjadi lelah dan tidak memiliki kekuatan untuk bekerja pada tingkat normal, khususnya ketika lembur sedang dibutuhkan.
    • Menurunkan tingkat kepuasan kerja karyawan

     

    Dengan adanya aturan lembur, karyawan akan terlindungi dan sebuah perusahaan akan mampu mengatur jadwal lembur setiap karyawannya dan memutuskan pilihan apakah akan melakukan rekrutmen atau lembur.

    Related posts

    Leave a Reply

    %d bloggers like this: