Breaking News

    Memahami jaminan pensiun dari 2 perspektif – Karyawan dan Perusahaan

    Memahami jaminan pensiun dari 2 perspektif – Karyawan dan Perusahaan

    Salah satu hal yang menjadi pertimbangan seseorang memilih satu perusahaan/ institusi adalah mendapatkan jaminan pensiun.

    Sedikit banyak kita setuju, bahwa salah satu hal yang ditawarkan ketika kita bertahun-tahun mengabdi di suatu perusahaan, atau menjadi seorang PNS adalah bahwa ketika seusai masa aktif nanti, hidup kita masih akan dijamin oleh perusahan/institusi tempat kita selama ini bekerja.

    Apa sih pengertian dari jaminan pensiun sebenarnya ?

    Jaminan pensiun adalah hak seseorang untuk memperoleh penghasilan setelah bekerja sekian tahun dan sudah memasuki usia tertentu (usia pensiun) atau ada sebab lain sesuai dengan perjanjian atau kondisi lain yang telah ditetapkan. Penghasilan ini biasanya berupa uang yang dapat diambil setiap bulannya atau diambil sekaligus (pesangon) pada saat seseorang memasuki masa pensiun, tergantung dari kebijakan yang terdapat dalam suatu perusahaan.

    Ketika berbicara tentang jaminan pensiun, kita akan menemukan dua sudut pandang, yakni perspektif dari pemberi kerja/perusahaan (the company perspective) dan perspektif karyawan (the employee perspective).

    1. Perspektif Karyawan

    Pada umumnya, pensiun untuk karyawan berfungsi untuk memberikan rasa aman terhadap masa yang akan datang dan mendapat kompensasi tambahan yang akan dinikmati setelah masa pensiun.

    1. Perspektif Perusahaan

    Ketika perusahaan mensponsori program jaminan pensiun bagi karyawan mereka, pada dasarnya perusahaan membuat pernyataan resmi tentang betapa pentingnya karyawan bagi perusahaan. Adapun terdapat beberapa makna ketika perusahaan memberlakukan program jaminan pensiun:

    1. Perusahaan merasa mempunyai kewajiban moral untuk memberikan rasa aman kepada karyawan pada saat mencapai usia pensiun.
    2. Dengan diadakannya program pensiun, karyawan diharapkan akan mempunyai loyalitas terhadap perusahaan.
    3. Program pensiun sebagai suatu bagian dari total kempensasi yang diberikan kepada karyawan, dan diharapkan perusahaan akan memiliki daya saing dan nilai lebih atau berkompetisi dalam pasar tenaga kerja.

    Di satu sisi biaya pensiun tergolong mahal, sehingga pada umumnya perusahaan swasta yang mementingkan benefit sebanyak-banyaknya akan enggan memberikan jaminan pensiun. Meskipun begitu, sesungguhnya perusahaan akan mendapatkan keuntungan pajak dari dana pensiun. Keuntungan pajak didapat jika persentase tertentu terpenuhi yakni ketika karyawan yang terdaftar dalam rencana mencapai batas tertentu.

    Semoga setelah memahami tulisan diatas, kariers dan praktisi SDM dan Human Resource bisa lebih mengerti mengenai jaminan pensiun dan pentingnya pensiun untuk jaminan di hari tua.

    Namun, meskipun begitu, sebaiknya memiliki jaminan pensiun bukan jadi alasan untuk menghindari menabung untuk masa pensiun.

     

    Salam Kariers

    Related posts

    Leave a Reply

    %d bloggers like this: