Breaking News

    Membedakan Komisaris Independen & Komisaris Utusan

    Membedakan Komisaris Independen & Komisaris Utusan

    Di dalam sebuah perusahaan tidak cukup hanya bermodalkan materi saja, perusahaan pun membutuhkan jajaran eksekutif untuk berperan dalam mengelola sistem pekerjaan di perusahaan menjadi lebih teratur lagi.

    Pernahkah anda mendengar istilah komisaris? Ada yang perlu anda ketahui terkait komisaris itu sendiri. Di dalam sebuah perusahaan memiliki istilah komisaris independen dengan komisaris utusan. Apakah mereka sama? Atau berbeda?

    Komisaris independen adalah komisaris dari pihak luar yang diangkat berdasarkan keputusan Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS). Syarat menjadi komisaris independen adalah tidak terafiliasi dengan pihak manapun, terutama pemegang saham utama, anggota direksi, atau anggota dewan komisaris. Kedudukan komisaris independen didalam lingkungan Dewan Komisaris adalah komisaris yang independen. Sedangkan komisaris utusan adalah anggota Dewan Komisaris yang ditunjuk berdasarkan surat keputusan rapat Dewan Komisaris dengan tugas dan wewenang utamanya melakukan pengawasan secara lebih intensif terhadap kegiatan pengurusan perusahaan yang dijalankan oleh Direksi. Kedudukan komisaris utusan adalah salah satu dari anggota Dewan Komisaris.

    Adanya komisaris utusan karena kadang kala sebagian anggota komisaris tidak selalu berada di tempat atau tengah melakukan dinas diluar negeri. Anggota Dewan Komisaris yang tengah berada di luar negeri bisa memberikan kuasa pada seseorang untuk menjalankan tugas selama anggota Dewan Komisaris itu sedang di luar  negeri.

    Jadi perbedaan dari komisaris independen dan komisaris utusan adalah dari status mereka di perusahaan. Kommisaris independen berasal dari luar perusahaan sedangkan komosaris utusan berasal dari salah satu Anggota Dewan di perusahaan tersebut.

    Sumber:
    http://dunianotaris.com
    m.hukumonline.com

    Related posts

    Leave a Reply

    %d bloggers like this: