Breaking News

    Mempersiapkan Diri Untuk Menghadapi Promosi Jabatan

    Mempersiapkan Diri Untuk Menghadapi Promosi Jabatan

     

    Ketika Anda memilih karir sebagai Karyawan tentunya Anda tidak ingin berhenti hanya pada Level dan Jabatan tertentu saja.  Anda tentu sangat berkeinginan dan umumnya semua orang juga berharap memiliki Karir Profesional yang Progressif dan Dinamis.  Progressif artinya menapaki Tahapan-tahapan Jabatan yang terus menerus naik serta Dinamis berarti selalu mendapatkan Wawasan dan Pengalaman baru setiap ada Tanggung Jawab atau Wewenang baru.

    Persiapan menghadapi Posisi Baru bukan hanya dilakukan ketika Anda sudah di undang ikut dalam Assessment atau tengah menjalani Proses Promosi Jabatan.  Anda perlu mempersiapkan diri setiap saat karena Assessment bukan hanya berguna bagi Program Promosi melainkan juga membantu Anda dalam membangun Karir melalui Proses Pembelajaran yang Berkelanjutan (Continuous Learning).

    Belajar terus menerus adalah wajib bagi Anda yang berkarir sebagai Karyawan, karena selain kompetisi sesama karyawan, Anda juga akan berkompetisi dengan Orang lain dari Luar Perusahaan.  Persiapkan diri Anda sebaik mungkin menghadapi tidak hanya Kompetitor namun juga Proses Promosi itu sendiri.

    Menghadapi program promosi, Anda dapat belajar mandiri atau mengikuti Program Pencarian Minat dan Bakat melalui Lembaga-lembaga Psikologi.  Namun umumnya dalam Proses Assessmentcukup dipahami dan dipelajari beberapa hal berikut:

    1. Tujuan dan Nilai Hidup (Values)

    Sesuatu yang Anda anggap Penting dan merupakan Bagian Utama yang harus didapatkan atau diperoleh dalam hidup, seperti Status Ekonomi, Otonomi (Wewenang), Pencapaian Materi, dan lainnya.  Value yang JELAS dan TEGAS akan membantu Anda memahami arahan pengambilan keputusan terkait Pengembangan Diri atau Karir.

    2. Minat (Interest)

    Sesuatu yang Anda senang melakukannya dan memiliki kelebihan akan hal tersebut seperti Jalan-jalan, Kongkow, Membaca, Menulis, membuat Karya Tangan (Handcraft).  Minat dipadupadankan dengan Value akan membangun sebuah Path yang jelas berupa rencana-rencana matang.

    3. Keterampilan (Skills)

    Kemampuan Anda secara Teknis (Hard skills) atau Non Teknis (Soft skills) untuk memberikan Hasil Kinerja atau Performa yang baik sesuai standar atau komitmen.  Skillsatau Ketrampilan dapat dipelajari, sehingga tidak ada yang perlu Anda khawatir jikalau menghadapi sebuah pekerjaan baru.

    4. Pengalaman (Experiences)

    Hasil Kinerja yang relevan dibeberapa waktu lalu.  Tidak perlu rasanya Anda menonjolkan prestasi kerja keuangan sementara yang diperlukan adalah seorang analis pemasaran.

    5. Kepribadian (Personality)

    Kepribaadian merupakan Sifat dan Perilaku Anda dalam menjalani Tugas dan Fungsi atau Karir Pekerjaan.  Kepribadian ini menjadi landasan Anda untuk mampu atau tidak beradaptasi pada Lingkungan Baru.  Kepribadian menjurus dan sangat relevan dengan ketrampilan non teknis atau Soft Skills.

     

     

    Related posts

    Leave a Reply

    %d bloggers like this: