Breaking News

    Menerima Mantan Karyawan, Perlukah?

    Menerima Mantan Karyawan, Perlukah?

    Pejuang HR, pernahkah Anda menerima lamaran dari karyawan yang sebelumnya pernah bekerja di perusahaan tempat Anda bekerja? Lalu perlukan kita menerimanya?

    Fenomena kembalinya “mantan” karyawan ini pada kenyataannya memang terjadi. Terdapat beberpaa hal yang perlu dipertimbangkan untuk mempekerjakan kembali mantan karyawan. Di antaranya adalah apakah mantan karyawan itu memiliki hubungan baik dengan rekan kerja lamanya, adanya rekomendasi berbagai pihak, kemudian prestasi objektif yang ia capai semasa ia bekerja di perusahaan lain, dan tentunya kebutuhan perusahaan untuk menerimanya.

     

    Dilansir dari enterpreneur.com, terdapat beberapa alasan mengapa Anda perlu menerima mantan karyawan, di antaranya:

    1. Menghemat waktu, uang, dan tenaga

    Dengan menerima mantan karyawan, perusahan tidak perlu menghabiskan biaya, waktu, dan tenaga untuk memberikan pelatihan dari awal. Meskipun beberapa pelatihan mungkin perlu diberikan, namun tidak sebanyak jika perusahaan menerima karyawan baru.

    1. Ia sudah mengenal budaya perusahaan

    Dengan pengalaman bekerja di perusahaan Anda, sudah tentu Ia mengenal budaya perusahaan. Dnegan demikian, tidka mebutuhkan waktu lama baginya untuk beradaptasi dan bekerja dengan optimal.

    1. Membawa skill baru pada perusahaan

    Setelah resign dari perusahaan lama, mantan karyawan mungkin saja telah memperoleh banyak skill baru di tempat kerja berikutnya atau di tempat kuliah jika ia berkuliah. Oleh karena itu dengan merekrut mantan karyawan akan memberikan benefit tersendiri bagi perusahaan.

    1. Meningkatkan kesetiaan karyawan

    Kembalinya karyawan yang sebelumnya pernah bekerja di perusahaan akan memberikan penilaian positif bagi karyawan lain. Mereka akan menganggap bahwa penting untuk msetia pada perusahaan.

    Related posts

    Leave a Reply

    %d bloggers like this: