Breaking News

    Mengapa Kita Sulit Memaafkan?

    Mengapa Kita Sulit Memaafkan?

    Rasa ingin menjadi yang terpenting, merasa yang paling penting membuat seseorang tak ingin disalahkan—atau membiarkan orang lain menjadi terus yang bersalah. Menjaga perasaan diri sendiri itu penting—tapi jika berlebihan jadinya justru sikap egoisme, hanya memikirkan diri sendiri tanpa melihat lingkungan sekitar.

    Rasa berhak yang berlebihan, memiliki rasa berhak yang berlebihan bisa menghambat diri untuk memaafkan orang lain. Karena diri akan memposisikan diri sebagai korban—yang berhak untuk diberikan simpati, yang berhak mendapatkan dukungan, yang berhak membalas segala kekesalan yang menimpanya.

    Kurangnya empati terhadap orang lain, ini hal yang paling menghambat untuk memaafkan kesalahan oranglain. Padahal bisa saja seseorang yang membuat anda terluka itu sedang dalam keadaan lupa atau khilaf.

    Rasa yang dilebih-lebihkan, kita bisa saja merasa sedih, marah, kesal dan mungkin sulit untuk memaafkan kesalahan orang lain. Tapi kita bisa juga loh menyikapi itu semua dengan bijak; biasa-biasa saja. Jangan terlalu dilebih-lebihkan, apalagi sampai menceritakannya ke banyak orang—yang dapat membuat opini buruk pada sebelah pihak.

    Related posts

    Leave a Reply

    %d bloggers like this: