Breaking News

    Mengenal Apa itu Organizational Citizenship Behavior

    Mengenal Apa itu Organizational Citizenship Behavior

    Sebagai karyawan tentu akan faham bahwa tugas yang mereka miliki adalah melakukan sebuah pekerjaan—yang akan memberikan manfaat serta keuntungan untuk sebuah organisasi atau perusahaannya. Betul? Itu bisa kita sebut dengan perilaku organisasi.

    Berbicara tentang perilaku organisasi, tentu istilah Organizational Citizenship Behavior sudah tidak asing lagi.

    Ya, Organizational Citizenship Behavior yang biasa disingkat OCB ini merupakan sebuah perilaku organisasi yang merefleksikan ciri karyawan yang koorporeatif dan bersungguh-sungguh—tetapi tidak secara langsung dapat dikenali dalam suatu sistem kerja yang formal.

    Setiap organisasi pada umumnya percaya bahwa untuk mencapai keunggulan harus mengusahakan kinerja yang sungguh-sungguh. OCB merupakan istilah yang digunakan untuk mengidentifikasikan perilaku pegawai sehingga dia dapat disebut sebagai anggota yang baik. Perilaku seperti OCB ini akan sangat saling menguntungkan  dengan masing-msaing rekan kerjanya—terbentuknya sikap saling membantu. Sebagai seorang karyawan pasti akan timbul perasaan senang dan puas apabila melakukan sesuatu yang berdampak baik pada organisasinya. OCB ini tidak menuntut karyawannya—namun ini merupakan perilaku diluar kewajiban mereka melakukan pekerjaan. Sehingga karyawan yang melakukan OCB ini tidak akan diberi imbalan secara terstruktur namun akan mendapatkan penilaian yang postif dari organisasi kepada karyawannya.

    Perilaku ini biasanya hadir karena rasa respect nya seorang karyawan kepada atasannya—serta rasa empati dengan sesama rekan kerjanya. Maka dari itu OCB bukan menjunjung tinggi sebuah imbalan—tapi murni atas dasar tanggung jawab.

    Related posts

    Leave a Reply

    %d bloggers like this: