Breaking News

    Mengenal Fobia Sosial

    Mengenal Fobia Sosial

    Fobia adalah perasaan takut irrasional yang menyebabkan seseorang menghindar dari objek, aktivitas, atau situasi tertentu. Fobia sosial, atau dikenal juga dengan social anxiety disorder merupakan rasa ketakutan ekstrem yang membuat seseorang merasa asing atau merasa akan diawasi atau dievaluasi oleh orang lain. Individu yang menderita fobia sosial akan mengalami panik selama berhubungan sosial. Situasi ini meliputi ketika berbicara di depan umum, menggunakan toilet umum, bertemu dengan orang baru, berbicara saat rapat, atau kontak sosial secara umum. Mereka takut akan hinaan atau dipermalukan oleh orang lain atas apa yang mereka lakukan.

    Fobia sosial sendiri berbeda dengan sifat pemalu. Fobia sosial memiliki gejala yang jauh lebih berat dari sekedar sifat pemalu. Begitu pula dengan seseorang yang introvert. Orang yang introvert tidak bisa dikatakan sebagai orang yang memiliki fobia sosial karena melakukan kontak sosial bukan hal yang menakutkan bagi mereka. Orang introvert hanya lebih merasa nyaman ketika menyendiri.

    Gejala emosional dari fobia sosial di antaranya yaitu mereka akan gugup berlebihan di situasi yang orang lain anggap biasa saja. Selain itu, kecemasan yang dialami akan belangsung lama bahkan bisa mencapai hitungan bulan. Mereka akan takut perilaku yang mereka perbuat akan mempermalukan diri sendiri dan orang lain akan menyadari kecemasan mereka. Mereka juga takut akan dinilai oleh orang lain.

    Sementara itu, gejala fisik yang timbul pada mereka yang mengalami fobia sosial di antaranya yaitu wajahnya seringkali memerah, napas menjadi pendek, perut tiba-tiba sakit atau mual, dan berbicara dengan gemetar. Selain itu, dada akan terasa sesak, tubuh berkeringat hingga merasa akan pingsan.

    Orang yang menderita fobia sosial biasanya akan menghindari situasi sosial sehingga aktivitasnya pun akan terbatas. Mereka lebih memilih bersembunyi agar orang lain tidak menyadari keberadaannya. Ketika bepergian, ia lebih memilih untuk mencari teman untuk menemaninya.

     

    Related posts

    Leave a Reply

    %d bloggers like this: