Breaking News

    Mengenal Gangguan Somatoform

    Mengenal Gangguan Somatoform

    Psikolovers, sebelumnya kita pernah membahas mengenai psikosomatis dan apa saja yang menyebabkannya. Nah, kali ini, pernahkah kalian mendengar mengenai somatoform? Singkatnya, somatoform merupakan gangguan dirasakan secara fisik seperti mual, nyeri, namun tidak dapat ditemukan bukti secara medis penyebabnya.

    Somatoform berasal dari kata berbahasa Yunani, soma, yang berarti tubuh. Dalam gangguan somatoform, seseorang merasakan adanya gangguan fisik pada tubuhnya, namun setelah diperiksa, tidak ada abnomalitas organik yang dapat ditemukan. Gangguan ini berbeda dengan malingering, atau kepura-puraan simtom yang bertujuan untuk mendapatkan hasil yang jelas. Somatoform juga berbeda dengan psikosomatis. Pada psikosomatis, gejala fisik tersebut memang muncul namun penyebabnya adalah adanya faktor psikis seperti kecemasan, stress, dan lainnya.

    Somatoform terdiiri dari bebagai jenis, di antaranya adalah gangguan somatisasi, gangguan konversi, gangguan nyeri, hipokondriasis, gangguan tubuh dismorfik, serta gangguan domatoform pada anak dan remaja. Gangguan somatoform sering berkaitan dengan adanya gangguan kepribadian. penderitanya sering mengalami serangan panik dan gangguan kecemasan. Ada kalanya somatoform disebabkan oleh depresi.

    Salah satu pengobatan somatoform adalah melalui psikoterapi. Terapi yang bisa diberikan di antaranya terapi kelompok, cognitive-behavior therapy, atau terapi keluarga. Terkadang hipnosis juga digunakan dengan tujuan memulihkan pikiran yang berkaitan dengan timbulnya gejala-gejala fisik pada somatoform.

    Related posts

    Leave a Reply

    %d bloggers like this: