Breaking News

    Mengenal Ikatan Psikologi Klinis Indonesia

    Mengenal Ikatan Psikologi Klinis Indonesia

    Ikatan Psikologi Klinis merupakan sebuah asosiasi minat keilmuan yang berada di bawah naungan Himpunan Psikologi Indonesia, atau disingkat IPK-HIMPSI. IPK-HIMPSI beranggotakan praktisi, baik yang bekerja di lingkungan pemerintah ataupun swasta dan bidang praktik pribadi, akademisi, dan ilmuwan yang memiliki peminatan di bidang psikologi klinis. Anggota IPK HIMPSI tersebar di 30 provinsi yang dikelola oleh IPK Perwakilan Wilayah di bawah koordinasi IPK Pusat. Hingga tahun 2017, IPK-HIMPSI sudah menyelenggarakan 3 kali konferensi nasional.

    Pada tahun 2017, Ikatan Psikologi Klinis berganti nama menjadi Ikatan Psikologi Klinis Indonesia (IPK Indonesia) dan menjadi organisasi resmi profesi psikolog di Indonesia. IPK Indonesia memiliki beberapa fungsi, di antaranya:

    1. Meningkatkan kompetensi psikolog klinis dalam melakukan penyelenggaraan pelayanan psikologis secara praktis di masyarakat.

    2. Menyelenggarakan penelitian di bidang psikologi klinis melalui kolaborasi riset dengan berbagai institusi pendidikan.

    3. Melaksanakan pelayanan konsultasi/penyuluhan dan pengabdian pada masyarakat.

    4. Membangun sistem kebersamaan dan saling terkait antara pelayanan psikologis secara praktis di lapangan dengan pendidikan dna penelitian.

    5. Menyelenggarakan kegiatan-kegiatan ilmiah untuk menyebarluaskan perkembangan ilmu dan praktis psikologi klinis.

    Sumber:
    ipkindonesia.or.id

     

    Related posts

    Leave a Reply

    %d bloggers like this: