Breaking News

    Mengenal Konsep Ego

    Mengenal Konsep Ego

    Menurut Freud, ego adalah struktur kepribadian yang berurusan dengan tuntutan realita ,berisi penalaran dan pemahaman yang tepat. Ego berusaha menahan tindakan sampai dia memiliki kesempatan untuk memahami realitas secara akurat,memahami apa yang sudah terjadi didalam situasi yang berupa dimasa lalu ,dan membuat rencana yang realistik dimasa depan. Tujuan ego adalah menemukan cara yang realistis dalam rangka memuaskan Id.

    Fungsi dari Ego adalah:

    1. Menahan menyalurkan dorongan
    2. Mengatur desakan dorongan-dorongan yang sampai pada kesadaran
    3. Mengarahkan suatu perbuatan agar mencapai tujuan yang diterima
    4. Berfikir logis
    5. Mempergunakan pengalaman emosi-emosi kecewa sebagai tanda adanya suatu yang salah, dan suatu yang tidak benar, agar dapat dikategorikan dengan hal lain untuk memusatkan apa yang akan dilakukan sebaik-baiknya.

    Dapat dikatakan ego adalah komponen kepribadian yang bertanggung jawab untuk menangani realitas. Freud mengatakan bahwa ego berkembang dari id dan memastikan bahwa dorongan id dapat dinyatakan dalam cara yang dapat diterima di dunia nyata. Ego berfungsi baik di pikiran sadar, prasadar dan tidak sadar.

    Pada Prinsipnya ego bekerja berdasarkan prinsip realitas yang berusaha untuk memuaskan keinginan dengan cara yang realistik dan di terima secara social dalam aspek kehidupan .

    Related posts

    Leave a Reply

    %d bloggers like this: