Breaking News

    Mengenal Psikosomatis

    Mengenal Psikosomatis

    Psikolovers, pernahkan Anda tiba-tiba merasa sakit perut ketika diminta tampil di depan umum? Atau pernahkah Anda tiba-tiba merasa tidak enak badan ketika menghadapi ujian akhir? Hal itu merupakan gejala psikosomatis, yaitu gangguan fisik yang diakibatkan oleh psikis.

    Psikosomatis terdiri dari dua kata, pikiran (psyche) dan tubuh (soma). Gangguan psikosomatis adalah gangguan dengan gejala yang menyerupai penyakit fisik namun disebabkan oleh faktor psikis, seperti stress dan rasa cemas. Beberapa penyakit fisik (seperti eksim, hipertensi, asma, penyakit jantung) dianggap sangat rentan ditimbulkan atau diperparah oleh faktor mental. Hingga kini, bagaimana persisnya pikiran bisa mempengaruhi penyakit fisik belum diketahui dengan jelas. Bisa jadi karena impuls saraf yang arahnya menuju bagian-bagian tubuh, atau otak yang diduga dapar mempengaruhi sel-sel tertentu dari sistem kekebalan tubuh. Tapi hal ini masih belum dipahami benar.

    Oleh karena itu, untuk mengobati psikosomatis perlu dicari apa yang menyebabkan ia mengalami stres atau apa yang sedang mengganggu pikirannya. Misalnya saja untuk menderita asma. Penderita asma diidentikan dengan adanya kecemasan yang diderita oleh pasien. Oleh karena itu untuk menyembuhkannya, selain dengan obat-obatan ia juga perlu mengatasi kecemasannya terlebih dahulu.

     

    Related posts

    Leave a Reply

    %d bloggers like this: