Breaking News

    Menggunakan Online Test dalam Proses Seleksi Karyawan

    Menggunakan Online Test dalam Proses Seleksi Karyawan

    Oleh: Salma Alzahra

    Rekrutmen dan seleksi merupakan proses dalam suatu perusahaan atau organisasi yang berkaitan dengan Sumber Daya Manusia. Proses rekrutmen dan seleksi ini dilakukan ketika terdapat ruang kosong dalam suatu jabatan atau ketika perusahaan tersebut membutuhkan Sumber Daya Manusia dengan keahlian tertentu.


    Rekrutmen dan seleksi perlu direncanakan dengan baik dan memiliki latar belakang serta tujuan yang jelas karena hal tersebut akan memengaruhi proses dari rekrutmen dan seleksi itu sendiri. Penentuan kualifikasi atau kriteria kandidat menjadi hal yang cukup krusial. Hal tersebut akan berhubungan dengan konsep poster lowongan pekerjaan, media publikasi serta metode seleksi yang akan digunakan.

    Ketika rekrutmen sudah dilakukan, tahap berikutnya yang perlu dilakukan adalah seleksi. Pada umumnya, seleksi yang dilakukan oleh berbagai perusahaan terkait dengan seleksi administrasi, psikotes dan wawancara. Namun terdapat beberapa lowongan pekerjaan yang perlu dilakukan tes terkait keahlian dalam jabatan tersebut.

    Sebagian besar proses seleksi membutuhkan waktu yang lama, terlebih ketika menggunakan metode konvensional seperti psikotes dan tes keahlian secara manual menggunakan kertas. Perkembangan teknologi memberikan banyak peluang untuk kita mengembangkan berbagai metode yang dapat digunakan dalam proses seleksi ini. Salah satunya adalah menggunakan metode tes online.

    Pembuatan tes online dapat dilakukan melalui berbagai aplikasi atau platform yang dapat diakses secara gratis maupun berbayar. Salah satu platform yang dapat diakses dengan gratis dan mudah dalam penggunaannya adalah Concerto. Concerto Platform adalah platform gratis yang dibuat oleh Cambridge Univesity. Dalam platform ini kita dapat membuat berbagai konsep dari tes online yang kita butuhkan seperti bentuk soal, durasi pengerjaan dan lain sebagainya.

    Pembuatan tes online ini tidak membutuhkan keahlian coding seperti halnya dalam membuat aplikasi secara manual. Namun ada beberapa bagian yang disebut sebagai node yang perlu kita pahami fungsinya. Ketika terjadi kesalahan, akan secara langsung terlihat bagian mana yang perlu diperbaiki. Hal ini memudahkan pengguna untuk membuat tes online yang dibutuhkan.

    Hal yang perlu dipersiapkan dalam penggunaan tes online dalam proses seleksi ini adalah aspek-aspek yang akan dinilai dari kandidat. Aspek-aspek ini akan berhubungan dengan jenis soal yang akan digunakan. Ketika sudah menentukan aspek-aspek yang akan dinilai, kita dapat mencari jurnal maupun file terkait soal-soal mengenai aspek tersebut. Lebih baik jika sudah terdapat norma dan cara scoring agar memudahkan kita dalam menentukan kategori kelulusan dari kandidat.

    Penggunaan tes online ini lebih efektif dan efisien karena tidak membutuhkan waktu yang lama serta hasil dapat didapatkan secara otomatis. Selain itu, biaya seleksi yang umumnya berkaitan dengan lembar jawaban, lembar soal serta membayar para scorer tidak lagi dibutuhkan. Kita akan menghemat waktu serta biaya yang dibutuhkan dalam proses seleksi ini.

    Related posts

    Leave a Reply

    %d bloggers like this: