Google Analytics Alternative

Menjadi Seorang Family Caregiver Pasien Penyakit Kronis

Menjadi Seorang Family Caregiver Pasien Penyakit Kronis

Menjadi seorang caregiver anggota keluarga dengan penyakit kronis tentunya bukan merupakan hal yang mudah. Seorang caregiver profesional seperti dokter atau perawat mungkin sudah terbiasa menghadapi pasien dan berbagai kondisi yang dialaminya. Lain halnya dengan caregiver profesional, seorang caregiver informal tentunya menghadapi tantangan tersendiri ketika harus merawat anggota keluarga yang memiliki penyakit kronis. Seorang family caregiver tentunya akan terpengaruh secara fisik, psikis, dan perilakunya. Dalam beberapa penelitian, gejala yang paling sering ditemukan pada caregiver kebanyakan masalah psikologis, terutama kecemasan, depresi, kekhawatiran, dan kesepian.

Lalu bagaimana agar seorang family caregiver mampu menangani semua kondisi ini dan terbebas dari stres? Seorang family caregiver bisa saja akan menghadapi situasi yang sama dalam jangka waktu yang lama. Oleh karena itu diperlukan cara untuk mengatur tingkat stres pada diri sendiri. Beberapa hal yang bisa dilakukan di antaranya yaitu:

  • Fokus pada alasan positif mengapa kita tetap perlu menjadi caregiver. Misalnya saja, lakukan hal ini pada orang tua sebagai imbalan atas apa yang mereka lakukan selama ini pada kita. Atau misalnya kita ingin memberi contoh baik bagi anggota keluarga lain.
  • Fokus pada apa yang bisa kita kontrol. Pada kasus penyakit kronis, apakah kesehatan pasien semakin membaik atau bukan bukanlah kapasitas kita yang menentukan. Oleh karena itu, daripada memikirkan apa yang tidak bisa kita kontrol, lebih baik kita berfokus pada apa yang bisa kita lakukan untuk menghadapi kondisi tersebut.
  • Bayangkan bagaimana keluarga yang kita rawat akan bereaksi pada kepedulian kita apabila mereka sehat.
  • Sering bertukar pikiran dengan anggota keluarga lain atau teman. Kita memerlukan penguatan positif dari orang lain terkait segala hal yang kita lakukan saat merawat keluarga yang sakit.
  • Jaga hubungan pertemanan dengan orang lain. Walaupun waktu kita banyak dihabiskan merawat keluarga yang sakit, kita tetap perlu menjaga komunikasi kita dengan orang lain sehingga kita memiliki orang lain yang selalu mendukung kita.

Related posts

Leave a Reply

%d bloggers like this: