Breaking News

    Mindfulness Based Cognitive Therapy

    Mindfulness Based Cognitive Therapy

    Psikolovers, pernahkah kalian mendengar tentang Mindfulness Based Cognitive Therapy?

    Mindfulness Based Cognitive Therapy (MBDT) adalah bentuk modifikasi yang menggabungkan latihan kesadaran seperti meditasi dengan latihan pernapasan. Terapis MBCT mengajarkan klien bagaimana menghilangkan pola pemikiran negatif dalam pikirannya yang bisa membawa klien ke arah depresi. Dengan terapi ini, diharapkan klien mampu melawan depresi sebelum dikuasai oleh depresi itu sendiri.

    MBCT diberikan pada orang-orang yang mengalami depresi atau ketidakbahagiaan. Terapi ini telah terbukti berhasil pada pasien dengan major depressive disorder yang telah melewati setidaknya tida kali depresi selama hidupnya. Terapi ini juga bisa membantu mengatasi gangguan kecemasan dan adiksi.

    Dengan MBCT ini diharapkan seseorang mampu menghadapi kesedihan yang muncul karena adanya depresi. Terapi ini tidak menghilangkan kesedihan atau emosi negatif lainnya, tapi mengubah hubungan klien dengan emosi negatif tersebut melalui meditasi dan latihan kesadaran. Dengan cara ini, klien dilatih untuk mampu memberikan respon negatif akan kesedihan dan mencari solusi untuk menghadapi situasi tersebut. Dengan latihan rutin, klien bisa menggunakan teknik tersebut kapanpun mereka merasa dikuasai oleh emosi negatif.

    Seorang terapis harus mampu mengajarkan teknik pelatihan kesadaran dan pernapasan pad aorang lain. Tidak ada pelatihan formal bagi terapis ini. Yang terpenting adalah klien perlu merasa nyaman dengan keberadaan terapisnya.

    Related posts

    Leave a Reply

    %d bloggers like this: