Breaking News

    Musik dapat Membantu Mendorong Empati Anak

    Musik dapat Membantu Mendorong Empati Anak

    Musik bisa membuat kita bernostalgia, melankolis, bersemangat, dan juga bisa membuat kita ingin menari. Musik memiliki nilai positif yang dapat membantu perkembangan anak sejak dini. Sebuah penelitian baru-baru ini menunjukkan bahwa musik bisa membuat kita merasa lebih terhubung dengan orang lain, terutama saat kita bermain musik bersama.

    Selain itu, penelitian tersebut juga menyebutkan bahwa musik dapat mendorong empati anak. Penelitian ini sendiri dilakukan oleh Tal-Chen Rabinowitch, seorang mahasiswa doktoral di Center for Music and Science Universitas Cambridge. Ia mengumpulkan anak-anak dalam sebuah grup kecil dan kemudian mengajak mereka bermain musik bersama, hal tersebut dilakukan berulang-ulang selama lebih dari satu minggu. Hasil penelitiannya menunjukkan bahwa setelah mengikuti kelas tersebut, anak-anak terlihat lebih bahagia dan merasa lebih dekat dengan anak-anak lainnya.

    Sebab mereka bernyanyi, menyanyikan lagu-lagu bahagia, dan menari bersama. Dengan cara tersebut, anak-anak yang berpartisipasi dalam program mampu berinteraksi dengan anak-anak yang lain, mereka juga menunjukkan peningkatan kapasitas empati setelah mengikuti program ini.

    Peningkatan empati di antara anak-anak tersebut menunjukkan bahwa berinteraksi melalui musik dapat mengasah kemampuan anak untuk berbagi keadaan psikologisnya dengan orang lain. Selain itu, lirik lagu yang bahagia dan bersemangat juga akan membuat anak-anak lebih termotivasi. Maka pemilihan lagu sangat penting disini.

    Ini mereupakan hal yang sangat positif sebab empati sangat penting untuk memunculkan perilaku yang baik dan kooperatif, dan memotivasi orang untuk melawan intimidasi.

    Pada dasarnya setiap anak sudah memiliki kepekaan (empati) masing-masing pada dirinya, hanya saja hal tersebut tergantung bagaimana cara si anak maupun orangtua mengasahnya. Oleh karena itu, cara mendorong empati anak dengan menggunakan musik dapat menjadi media yang menyenangkan dan ramah, maka penting untuk mengetahui hal ini dan mengerti bagaimana hal itu dapat dilakukan.

     

     

    Related posts

    Leave a Reply

    %d bloggers like this: