Breaking News

    Pejuang HR, Inilah Langkah Menghadapi Karyawan Deadwood

    Pejuang HR, Inilah Langkah Menghadapi Karyawan Deadwood

    Pernahkah Anda berhadapan dengan karyawan yang performanya menurun sampai pada titik tidak terlihat semangat dalam bekerja? Karyawan seperti itu disebut juga dengan ‘deadwood’. Deadwood merupakan istilah yang diberikan kepada karyawan yang sudah tidak lagi bisa diharapkan produktivitasnya. Deadwood tidak hanya dialami oleh karyawan yang sudah bekerja lama di suatu perusahaan, namun bisa saja terjadi pada karyawan yang relatif masih singkat bekerja di perusahaan. Penyebab deadwood salah satunya adalah kurangnya apresiasi atas apa yang telah dikerjakan oleh karyawan. Hal ini menyebabkan karyawan merasa tidak dihargai pekerjaannya dan membuatnya kehilangan minat untuk melakukan pekerjaan tersebut.

    Deadwood bisa memberikan pengaruh buruk pada perusahaan. Adanya deadwood di lingkungan kerja akan memberi dampak pada semangat kerja karyawan lain yang sebelumnya memiliki kinerja baik. Deadwood dianggap menjadi “penyerap energi” karyawan lain karena mereka seakan menebarkan efek negatif bagi karyawan lain. Dampaknya, kinerja karyawan lain ikut turun dan akan mempengaruhi perusahaan.

    Beberapa hal yang bisa dilakukan untuk menghadapi karyawan deadwood:

    1. Berikan umpan balik atas hasil kerja karyawan.bila performanya tampak menurun, bisa didiskusikan mengenai apa yang perlu dilakukan

    2. Tanya pendapatnya dari karyawan. Dengarkan alasannya atas penurunan performa kerjanya dan diskusikan solusi apa yang tepat untuk mengatasinya.

    3. Tingkatkan target dan performa perusahaan. Buat seluruh karyawan fokus kembali pada target perusahaan.

    4. Dukung pekerja yang tidak merasa bahagia untuk meningkatkan semangat kerjanya kembali, misalnya melalui diadakan coaching padanya.

     

     

    Related posts

    Leave a Reply

    %d bloggers like this: