Breaking News

    Pekerjaan Tidak Sesuai Jurusan

    Pekerjaan Tidak Sesuai Jurusan

    Keterbatasan lowongan pekerjaan membuat sebagian fresh graduate bekerja di bidang yang tak sesuai dengan jurusannya selama kuliah. Di sisi lain, ada juga mahasiswa yang putus asa lantaran merasa salah jurusan, sehingga menganggap dirinya tak bisa bekerja di bidang yang diinginkan.

    Kerja tak sesuai jurusan kuliah bukan merupakan masalah. Sebab, saat dalam karier yang lebih dilihat adalah kemampuan seseorang, terutama soft skill. Asalkan, kemampuan berkomunikasinya baik, kemudian dilihat minat dan passion-nya. Selain itu, kondisi tersebut pas dengan karakteristik generasi Y yang mendapatkan informasi dengan cepat. Otomatis, mereka akan belajar suatu hal baru dengan cepat.

    Sebelum diterima, pada proses rekrutmen akan ada tes. Misalnya, sebelumnya bekerja sebagai wartawan disuruh buat tulisan dulu. Jadi meski tak sesuai jurusan, perusahaan bisa lihat kemampuan pelamar. Terkait pekerjaan tak sesuai jurusan atau gelar, hal tersebut sulit dilakukan di perusahaan besar. Sehingga, fresh graduate bisa memulai meniti karier dari lingkup yang kecil terlebih dahulu. Nanti kalau sudah ada ada bukti dan punya pengalaman, kariers bisa lompat ke industri yang lebih baik reputasinya dan sudah ada modal. Semua ada jalannya. Bahkan kerja sesuai jurusan saja di tengah jalan juga bisa berubah.

    Related posts

    Leave a Reply

    %d bloggers like this: