Breaking News

    Peluang Kerja Fresh Graduate

    Peluang Kerja Fresh Graduate

    Ketika lulus kuliah, kebanyakan para fresh graduate kebingungan mencari pekerjaan yang tepat. Padahal ada beberapa hal penting yang harus diketahui oleh para fresh graduate agar tidak seperti “kehilangan induknya” saat sudah lulus kuliah.

    Memang betul mencari kerja itu susah pada awalnya, namun kalau sudah tahu celahnya, tanpa menunggu waktu lama Anda sudah bisa dapat pekerjaan pertama Anda. Nah, berikut hal-hal yang harus diketahui Fresh Graduate setelah lulus kuliah agar lebih mudah dalam mencari pekerjaan.

    1. Pengalaman kerja dan ijazah

    Perlu diketahui bahwa dalam mencari pekerjaan ada banyak faktor yang membuat kita bisa diterima kerja di sebuah perusahaan atau tidak, jadi bukan berarti hanya modal ijazah bisa sukses diterima kerja, atau hanya berbekal pengalaman semata juga bisa diterima kerja dengan mudah. karena semua keberhasilan itu sesuai dengan kebutuhan perusahaan.

    Mencari kerja harus menyesuaikan dengan kebutuhan perusahan, misal untuk anda yang kuliah jurusan hukum, psikologi, dan beberapa jurusan yang memang pekerjaannya butuh latar belakang pendidikan, anda bisa mencoba untuk langsung melamar ditempat yang membutuhkan jurusan yang sesuai dengan latar belakang pendidikan kamu.

    Berbeda dengan pekerjaan yang sebenarnya semua orang bisa melakukannya dari awal, seperti call center, admin, data entry, dan pekerjaan lainnya yang tidak harus sesuai dengan jurusan yang kamu cari, tapi disini yang punya pengalaman dan skill lebih akan lebih dipertimbangkan.

    2. Kejar Pekerjaan Yang Sesuai Minat atau Impian

    Sebelum masuk ke dalam sebuah industri dalam kerja, ada baiknya Anda mengejar terlebih dahulu pekerjaan yang sesuai dengan passion atau pekerjaan impian Anda. Misal, Anda ingin traveling sambil bekerja, Anda bisa mencari kerja di industry tour & travel, bisa dimulai dari menjadi admin dan mencoba mendapatkan pengalaman sebagai tour guide, nanti kalau kamu berhasil jadi tour guide kamu bisa ikut jalan-jalan bersama customer.

    3. Gaji Nomor Sekian, Utamakan Pengalaman Kerja

    Saat kamu pertama kali melamar kerja dan belum punya pengalaman dalam kata lain hanya modal ijazah, kalau misalnya Anda kerja bukan di perkerjaan yang terlalu membutuhkan latar belakang pendidikan Anda, ada baiknya jangan mengharapkan gaji yang terlalu tinggi, karena bukan uang yang paling Anda cari dalam bekerja pertama kali, alias pengalaman yang akan Anda dapatkan akan menjadi nilai tambah diri kamu dikemudian hari saat mencari pekerjaan baru. Tapi bukan berarti gaji dikesampingkan lho.

    4. Jangan Bilang Cari Pengalaman Saat Interview

    Walau Anda memang sedang ingin mencari pengalaman saat pertama kali mencari kerja, tapi jangan mengatakan kepada HRD bahwa Anda mau mencari pengalaman. Anda baiknya, saat interview lebih baik “menjual” diri Anda agar mereka tertarik untuk mempekerjakan Anda. Biasanya kalau ditanya alasannya katakan saja Anda ingin mencari kerja agar dapat uang untuk membahagiakan orang tua, atau Anda punya passion dibidang tersebut, atau juga bisa alasan sosial dari pekerjaan yang ingin Anda lamar, seperti menjadi call center, kamu beralasan untuk bisa membantu orang memecahkan masalah mereka dan membantu perusahaan untuk jauh lebih baik lagi dalam melayani cutomernya.

    5. Cari Pekerjaan Lewat Portal Lowongan Kerja Terpercaya.

    Anda bisa cari kerja lewat porta terpercaya yang sudah punya brand, karena list pekerjaan di portal lowongan tersebut sudah difilter dari perusahaan dan lebih bisa dipercaya, kalau Anda merasa ada perusahaan yang menipu Anda bisa langsung laporkan ke portal lowongan terkait agar mereka segera mem-banned perusahan tersebut agar tidak masuk dalam listing lowongan kerja di situs mereka.

     

    Related posts

    Leave a Reply

    %d bloggers like this: