Breaking News

    Pengenalan Software JASP

    Pengenalan Software JASP

    JASP merupakan suatu program grafis dan open-source utuk analisis statistik yang dirancang mudah digunakan sama seperti SPSS. JASP banyak menyediakan metode statistic Bayesian dan dapat menghasilkan table serta plot yang mudah untuk dipahami. Perkembangan JASP didukung secara finansial oleh beberapa universitas dan dana penelitian.

    JASP menawarkan kesimpulan sesuai pada model statistik yang menggunakan nilai p dan interval kepercayaan untuk mengendalikan tingkat kesalahan dalam batas replikasi sempurna yang tak terbatas sehingga dapat memperkirakan nilai parameter yang kredibel dan bukti model yang diberikan data sesuai pengetahuan yang ada. Beberapa analisis statistik yang dapat dilakukan oleh JASP saat ini adalah T-Test, Korelasi, Reliabilitas, ANOVA, Regresi, EFA & PCA, SEM, analisis Tabel Kontingensi, Chi-Squared Test, Binomial Test, Network Analysis, Meta Analysis dan Summary Stats.

    JASP bisa mengeluarkan hasil output analisis sesuai dengan kebutuhan kita sehingga tampilan output menjadi lebih rapi daripada SPSS. Penggunaan JASP pun lebih sederhana daripada SPSS yang seringkali error jika kita salah dalam menentukan variabelnya. JASP pun tentu lebih mudah daripada penggunaan software R yang harus menuliskan syntax. JASP bisa dipelajari siapa saja karena mudah dalam penggunaannya (tinggal drag data dan klik).

    JASP tentunya akan terus berkembang, dan  dengan munculnya software ini dapat membantu para peneliti untuk menganalisis penelitian dengan mudah dan tanpa biaya. Para penemu JASP pun berharap penemuan software ini dapat membuat orang-orang melihat dunia statistic bukanlah hal yang sulit lagi karena bisa dipelajari dengan lebih mudah. Sehingga banyak orang yang lebih menyukai statistik.

    Sumber:
    http://blog.efpsa.org/https://jasp-stats.org/https://en.wikipedia.org/wiki/JASP 

    Related posts

    Leave a Reply

    %d bloggers like this: