Breaking News

    Pentingnya Bermain Bagi Anak

    Pentingnya Bermain Bagi Anak

    Anak-anak membutuhkan waktu dan kesempatan yang cukup untuk bermain dengan tujuan untuk perkembangan kesehatan mereka. Ada banyak penelitian yang mengemukakan pentingnya bermain dalam kehidupan anak-anak. Sebenarnya, permainan saat ini dianggap sangat penting untuk perkembangan anak-anak, hal ini telah diakui oleh Komisi Hak Asasi Manusia PBB sebagai hak setiap anak. Mari kita lihat hal-hal yang dapat dinikmati anak melalui sebuah permainan:

    1. Koneksi dan Komunikasi
    Bermain memberikan kesempatan bagus bagi anak-anak dan orang tua untuk berhubungan dan berinteraksi satu sama lain. Bermain juga memberikan cara yang sangat membantu anak untuk mengkomunikasikan gagasan dan kekhawatiran mereka kepada orang tua mereka. Seringkali anak-anak kecil tidak memiliki kemampuan bahasa untuk menggambarkan pemikiran mereka sepenuhnya kepada orang tua mereka, namun hal-hal tersebut akan menonjol dalam permainan mereka.

    2. Kompetensi – Pemecahan Masalah dan Penguasaan
    Dalam bermain, anak kecil dapat mempraktikkan tugas atau melakukan situasi yang ingin mereka kuasai.

    3. Perkembangan otak: perkembangan belajar, bahasa dan motor
    Berbagai jenis permainan yang dimainkan anak-anak secara alami saling melengkapi dengan sempurna dan memberikan mereka perkembangan motor, kognitif dan bahasa yang kaya.

    4. Keterampilan sosial
    Saat bermain dengan orang lain, anak-anak mempraktikkan banyak keterampilan sosial yang sangat penting, seperti belok, berbagi, kepemimpinan dan keterampilan kelompok.

    5. Relaksasi dan kesenangan
    Mungkin di atas segalanya, bermain santai, itu restoratif dan menyenangkan. Sementara manfaat penting dari permainan sudah diketahui, banyak orang tua berjuang untuk memberi anak-anak mereka kesempatan bermain yang cukup. Bagi beberapa orang, ini adalah hasil dari terlalu sedikitnya waktu dan padatnya jadwal mereka. Bagi orang lain, bermain tidak datang secara alami—ini mungkin tampak terlalu sulit atau mungkin terlalu membosankan. Namun, sama seperti kita berkomitmen untuk menyediakan makanan sehat bagi anak-anak kita, mengetahui betapa baiknya ini bagi mereka, penting untuk mempertimbangkan perihal “bermain” dengan cara yang sama.

    Related posts

    Leave a Reply

    %d bloggers like this: