Breaking News

    Pentingnya Market Research dalam Dunia Bisnis

    Pentingnya Market Research dalam Dunia Bisnis

    Pernahkah Anda berpikir bagaimana sebuah produk baru diciptakan? Bagaimana produsen mendapatkan ide untuk menciptakan produk tersebut? Apakah setelah diluncurkan di pasar produk tersebut disukai oleh konsumen?

    Pertanyaan-pertanyaan tersebut merupakan pertanyaan yang sering muncul bagi seorang pemasar. Dalam konsep pemasaran modern, konsumen merupakan sentral utama dimana produk yang dipasarkan oleh produsen tidak serta merta akan diterima dan dibeli oleh konsumen. Konsumen dalam konsep pemasaran modern adalah kelompok yang pintar. Konsumen hanya akan membeli produk yang sesuai dengan keinginan mereka dan produsen yang menang dalam kompetisi adalah yang mampu memberikan apa yang konsumen inginkan. Untuk membuat keputusan produk apa yang akan dijual di pasar, seorang produsen terlebih dahulu harus memahami keinginan konsumen.

    Memahami dan menciptakan produk yang laku dijual memang bukan pekerjaan yang mudah. Di dunia usaha yang semakin kompetitif saat ini produsen bahkan perlu waktu bertahun-tahun untuk menciptakan produk yang tepat. Melalui riset pasar mereka berupaya mengumpulkan informasi yang lengkap mengenai target konsumen dan apa yang diinginkan oleh konsumen.

    Dalam melakukan riset, yang perlu diperhatikan adalah objektifitas dari informasi. Artinya informasi yang diperoleh harus sesuai dengan kenyataannya, meskipun informasi tersebut tidak sesuai dengan harapan periset atau bertentangan dengan hipotesis awal. Hasil riset yang kadang tidak sesuai dengan harapan ini bukan berarti hasil riset tersebut tidak dapat digunakan dalam bisnis. Justru sebaliknya, hasil riset tersebut dapat mencegah Anda terjebak dari pengambilan keputusan yang keliru.

    Dari penjelasan singkat di atas kini kita mengetahui betapa pentingnya riset dalam suatu bisnis. Riset menyediakan informasi yang dibutuhkan perusahaan dalam mengambil keputusan yang tepat. Sehingga dengan tepatnya keputusan yang diambil akan berdampak pada keuntungan dan keberhasilan yang didapat oleh perusahaan maupun pebisnis.

    Sumber:
    http://www.skamax.com/
    https://www.thebalance.com/

    Related posts

    Leave a Reply

    %d bloggers like this: