Breaking News

    Pentingnya Mengetahui Minat dan Bakat Siswa

    Pentingnya Mengetahui Minat dan Bakat Siswa

    Dalam proses pendidikan, siswa memiliki minat masing-masing. Ada siswa yang berminat di bidang sains, sosial, musik, seni, dan lainnya. Minat siswa perlu dikembangakan sehingga akan meningkatkan kemauan bejar siswa. Dengan demikian, kegiatan pembelajar juga akan menjadi lebih kondusif dan tujuan pembelajaran juga akan tercapai.

    Selain minat, bakat juga enjadi penentu seorang siswa menentukan langkah selanjutnya di bidang pendidikan, seperti perguruan tinggi. Bakat merapukan kemampuan alami seseorang sejak lahir. Bakat setiap orang berbeda-beda. Oleh karena itu, kita perlu mengetahui bakat seorang siswa agar lebih mudah menentukan jalan apa yang lebih baik diambil.

    Bakat dapat mempengaruhi seseorang untuk berminat terhadap suatu hal. Terkadang seorang anak belum mengetahui bakatnya di suatu bidang karena yang ia jalani berdasarkan minatnya saja. Lalu bagaimana mengerahui bakat dan minat siswa dengan tepat?

    Salah satu cara yang paling akurat untuk mengetahui bakat dan minat yaitu melalui tes psikologi khusus bakat dan minat. Melakui tes ini, siswa menjadi lebih mengetahui potensi dirinya, termasuk kelebihan dan kekurangan baik dari segi akademis maupun kepribadian. selain itu, siswa juga dapt mengetahui jurusan kuliah / bidang pekerjaan yang tepat sesuai dengan minat dan bakatnya. Hal ini untuk meminimalisasi anak tersebut salah memilih jurusan atau tidak betah dalam pekerjaan karena bidang yang ia tekuni memang tidak sesuai dengan bakat serta minatnya.

     

    Related posts

    Leave a Reply

    %d bloggers like this: