Breaking News

    Penyebab Turunnya Loyalitas Karyawan dan Cara Mengatasinya

    Penyebab Turunnya Loyalitas Karyawan dan Cara Mengatasinya

    Loyalitas adalah suatu hal yang sulit untuk diciptakan namun mudah untuk dihilangkan. Seorang karyawan yang baru masuk dalam sebuah perusahaan memerlukan waktu untuk dapat menjadi loyal. Akan tetapi, sikap loyal tersebut dapat tiba-tiba hilang apabila seorang karyawan merasa “dikecewakan” oleh perusahaan. Setidaknya terdapat tiga faktor yang dapat menjadi penyebab turunnya loyalitas karyawan, yaitu:

    1. Faktor rasional

    Faktor rasional turunnya loyalitas karyawan mengacu pada hal-hal yang dapat dijelaskan secara logis. Faktor-faktor rasional tersebut antara lain gaji, bonus, jenjang karir, dan fasilitas-fasilitas yang diberikan perusahaan kepada karyawan.

    2. Faktor emosional

    Faktor emosional turunnya loyalitas karyawan mengacu pada hal-hal yang menyangkut perasaan atau ekspresi diri. Faktor-faktor emosional yang menjadi penyebab turunnya loyalitas karyawan antara lain pekerjaan yang dinilai kurang menantang, lingkungan kerja yang tidak kondusif, perasaan was-was terhadap keberlangsungan hidup perusahaan, ketidakcocokan karyawan dengan pemimipin, serta kurangnya penghargaan perusahaan terhadap prestasi kerja karyawan.

    3. Faktor kepribadian

    Faktor kepribadian sebagai penyebab turunnya loyalitas karyawan mengacu pada hal-hal yang pribadi karyawan. Faktor-faktor kepribadian  yang menjadi penyebab turunnya loyalitas karyawan antara lain adalah sifat mudah bosan dan ketidakcocokan karyawan dengan budaya kerja di suatu perusahaan. 

     

    Cara Mengatasi Penurunan Loyalitas Karyawan

    Penurunan loyalitas kerja sesuai dengan pengertian loyalitas karyawan bukan berarti akhir bagi hubungan karyawan dan perusahaan tempatnya bekerja. Sebuah perusahaan dapat mengatasi penurunan loyalitas kerja karyawan dengan mewujudkan harapan-harapan serta memenuhi kebutuhan-kebutuhan para karyawan yang sempat terabaikan sebelumnya. Beberapa cara mengatasi penurunan loyalitas kerja sesuai dengan pengertian loyalitas karyawan antara lain:

    1. Memberikan gaji yang cukup
    2. Memberikan kebutuhan rohani
    3. Sesekali perlu menciptakan suasana santai
    4. Menempatkan karyawan pada posisi yang tepat
    5. Memberikan kesempatan pada karyawan untuk maju
    6. Memperhatikan rasa aman untuk menghadapi masa depan
    7. Mengusahakan karyawan untuk mempunyai loyalitas. Sesekali mengajak karyawan berunding
    8. Memberikan fasilitas yang menyenangkan

    Related posts

    Leave a Reply

    %d bloggers like this: