Breaking News

    Peran Data Scientist dalam Teknologi Bisnis

    Peran Data Scientist dalam Teknologi Bisnis

    Sebagaimana kita tahu bahwa Big Data sangat berperan dalam teknologi bisnis. Tetapi Big Data tanpa ada yang bisa mengolahnya maka akan sia-sia saja. Tidak ada yang bisa diambil manfaat dari Big Data sehingga menghasilkan segala manfaatnya dalam bisnis. Maka daripada itu diperlukan seseorang yang bisa mengolah dan menganalisis Big Data yaitu yang sering kita sebut Data Scientist.

    Sekarang tentang Data Scientist sendiri itu apa? Data scientist sesuai dengan namanya adalah seorang scientist atau ilmuwan. Seperti layaknya ilmuwan, data scientist melakukan eksperimen-eksperimen untuk menemukan hal-hal baru yang nantinya bermanfaat untuk perusahaan. Hal-hal baru ini bisa jadi merupakan pola-pola yang tidak umum terjadi atau tidak umum diketahui oleh perusahaan sejenis. Dengan menemukan pola-pola baru inilah, perusahaan bisa mendapatkan keuntungan daripada kompetitor mereka. Seringkali, kemenangan dalam persaingan bisnis ditentukan oleh kemampuan data scientist yang menganalisa data tersebut.

    Data scientist diperlukan untuk menganalisa data dalam jumlah banyak yang terdapat dalam sistem Big Data. Seorang Data Scientist harus memiliki kemampuan di tiga bidang. Pertama adalah kemampuan tentang business logic di bidang yang digeluti oleh perusahaan yang sedang dia tangani, seperti halnya data analyst. Kedua adalah kemampuan statistika dan matematika yang cukup untuk mengetahui pola-pola data berikut dengan algoritmanya. Ketiga adalah kemampuan menggunakan tools dari sistem Big Data yang membantunya dalam mengolah dan menganalisis data seperti misalnya aplikasi Machine Learning Apache Mahout dan Apache Spark.

    Dengan adanya Data Scientist maka analisis Big Data akan menunjukkan hasil yang luar biasa seperti:

    1. Hasil analisis lebih efisien, sehingga kebijakan bisnis yang dihasilkan dapat memberikan dampak efisiensi terhadap kinerja perusahaan seperti efisiensi waktu, biaya maupun sumber daya.
    2. Hasil analisis lebih akurat. Hal ini lebih berdampak pada kebijakan mengenai pemasaran serta promosi produk suatu perusahaan. Dengan akuratnya kebijakan yang dihasilkan maka akan berdampak pada keuntungan yang diperoleh oleh perusahaan.
    3. Tercapainya kepuasan pelanggan. Hal ini dikarenakan Data Scientist dapat mempelajari pola perilaku pelanggan melalui Big Data yang dia analisis.

    Dari uraian singkat diatas, dapat kita simpulkan bahwa Data Scientist sangatlah berperan dalam teknologi bisnis yang sebagian besar pada zaman kini sudah mulai mengaplikasikan Big Data dalam perusahaannya.

     

    Sumber:

    www.infokomputer.grid.id

    www.openbigdata.wordpress.com

    Related posts

    Leave a Reply

    %d bloggers like this: