Breaking News

    Peran Media dalam Membentuk Image Kriminal

    Peran Media dalam Membentuk Image Kriminal

    Psikolovers, berbicara mengenai pelaku kriminal, pasti kalin mengetahui beberapa nama pelaku kriminal yang terkenal, bukan? Atau setidaknya, kalian mengetahui kisah mengenai si pelaku meski tidak tahu siapa namanya.
    Terkenalnya pelaku kriminal tentu salah satunya disebabkan oleh faktor perbuatan yang dilakukan oleh pelaku tersebut. Tapi bagaimanapun, image yang terbentuk terdapak para pelaku tindak kriminal ini diperkuat juga dengan ekspos yang besar oleh media dan pelabelan media terhadap pelaku.

    Pemberitaan di media merupakan salah satu faktor penting yang memiliki kekuatan besar dalam membentuk image seseorang, termasuk pelaku kejahatan. Pemberitaan media yang terkadang dibuat secara berlebihan dengan maksud untuk menarik minat masyarakat. Berita yang sensasional akan menarik perhatian publik lebih luas. Kata atau kalimat berlebihan yang dimunculkan jurnalis menggambarkan seolah seseorang terlihat sangat berbahaya di masyarakat dibandingkan kenyataan yang sebenarnya.

    Terkadang juga media lebih mengekspos kisah lain dari pelaku kejahatan yang sebenarnya tidak ada keterkaitan sama sekali dengan tindakan si pelaku. Terlebih, kisha ini terkadang didramatisir sehingga memperkuat image “monster” dari pelaku kejahatan tersebut. Kecemasan dan perhatian publik meningkat melalui pemberitaan yang berlebihan tersebut. Pada akhirnya, muncullah sosok ‘monster’ yang ditakuti oleh publik.

    Related posts

    Leave a Reply

    %d bloggers like this: