Breaking News

    Peran Psikologi dalam Dunia Olahraga

    Peran Psikologi dalam Dunia Olahraga

    Di mana ada manusia, di sana ilmu psikologi diperlukan. Pernah mendengar kalimat seperti itu? Kenyataannya memang ilmu psikologi dibutuhkan di bidang apapun selama ada manusia di dalamnya. Termasuk bidang olah raga, dalam hal ini disebut psikolog olah raga. Seperti apa sih peran psikolog dalam dunia olah raga? Mari kita ulas bersama di artikel kali ini.

    Ketika berbicara tentang olah raga, kita pasti disibukan dengan bahasan mengenai atlit dengan segudang aktivitas fisiknya. Padahal, kondisi psikis seorang atlit juga berpengaruh pada performanya saat berolah raga. Berikut beberapa peran psikolog dalam dunia olahraga secara umum.

    1. Membantu atlit menentukan target/goals serta mengatasi ketakutan-ketakutannya Misalnya, ketakutan akan kegagalan mencapai target, kejadian memalukan, kecelakaan, atau kecemasan terhadap performanya secara umum.

    2. Membantu atlit merancang program latihan yang lebih efektif, efisien, dan berkualitas disesuaikan dengan kondisi dan target dari atlit tersebut. Terkadang seorang atlit bisa memiliki banyak waktu untuk latihan tetapi terkadang juga ia memiliki waktu luang terbatas untuk latihan.

    3. Membantu atlit memaksimalkan kondisi psikologisnya. Kondisi psikologis ini termasuk di dalamnya rasa percaya diri, fokus, dan ketenangan seorang atlit. Kesiapan secara mental atau psikologis ini sangat penting sebelum memulai pertandingan dalam dunia olah raga.


    4. Membantu atlit bangkit pasca cedera. Kembali ke “lapangan” pasca mengalami cedera terkadang bukan hal yang mudah bagi seorang atlit. Sekalipun cedera sudah sembuh total, terkadang ada “luka secara mental” yang tetap tersimpan dalam diri atlet. Terlebih, biasanya terdapat tekanan dalam dirinya untuk dapat kembali menampilkan performa sebaik sebelum ia cedera.


    5. Membantu atlit mengelola emosinya pasca pertandingan. Misalnya senang ketika menang, atau sedih dan marah ketika kalah. Psikolog olahraga dapat membantu atlit untuk berlatih mengelola emosinya agar dapat kembali bangkit pasca kekalahan atau dapat mempertahankan performanya pasca kemenangan.


    Itulah beberapa peran penting psikologi dalam dunia olahraga. Di luar ini pun sebenarnya masih banyak peran penting lainnya. Sekian artikel kali ini. Bagaimana, tertarik untuk menjadi psikolog olah raga?

    Related posts

    Leave a Reply

    %d bloggers like this: