Breaking News

    Perbedaan antara CEO dan Direktur Eksekutif

    Perbedaan antara CEO dan Direktur Eksekutif

    Di dalam dunia perusahaan tentu tidak asing dengan kedudukan dan istilah Executive Director dan CEO? Tapi terkadang terbenak tanya di dalam hati sebenarnya apa perbedaan dari dua kedudukan tersebut? Dan apakah sistem kerja nya sama?

    Executive Director atau Direktur Eksekutif adalah jenjang tertinggi dalam sebuah perusahaan yang diberi tanggung jawab untuk mengatur keseluruhan suatu organisasi. Dan CEO adalah posisi eksekutif tertinggi dalam suatu perusahaan yang mempunyai tugas untuk memimpin suatu perusahaan dan bertanggung jawab untuk kestabilan perusahaan tersebut. Namun, titel CEO sering mempunyai banyak tafsiran dalam penggunaannya, terkadang sering diasosiasikan sebagai Direktur Utama dalam suatu perusahaan. Dan, dalam banyak organisasi CEO malah digambarkan lebih penting daripada Director perusahaan. Sebab, ia mempunyai tugas yang lebih luas daripada Director dan sering juga dikombinasikan dengan Chairman of The Board.

    Benar jika keduanya merupakan perwira tertinggi di sebuah perusahaan meskipun terlihat sama tetapi ada beberapa hal yang dilakukan berbeda diantara keduanya.

    Direktur memiliki tanggung jawab dalam kelancaran rencana dan prosedur yang akan mengawasi prosedur harian perusahaan, memastikan bahwa semua rencana diimplementasikan dengan baik pada saat yang sama, menjaga kontak yang konstan dengan manajer dan memastikan bahwa tujuan dari perusahaan terpenuhi dengan cara yang paling efisien mungkin.

    Sedangkan CEO juga membuat perkiraan untuk sejauh mana perusahaan akan berada dalam jangka waktu tertentu sebagai rencana tindakan yang memungkinkan hal itu terjadi. CEO adalah individu yang bertindak sebagai mediator antara manajer dan direksi atau investor dan CEO merupakan dalang di balik perusahaan yang bertanggung jawab untuk membayangkan rencana pasar yang akan memungkinkan perusahaan untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan untuk itu.

    Lalu, apa yang mebedakan antara Direktur dan CEO?

    CEO biasanya bertugas menjadi otak dibalik perusahaan. Dan direktur adalah yang kedua dalam perintah untuk CEO. Direktur wajib melaporkan kembali kepada CEO dan memastikan bahwa rencana yang disusun oleh CEO sedang dilaksanakan dengan baik. Dia juga mengelola manajer dan menyediakan mereka dengan petunjuk bagaimana untuk mengelola bagian yang berbeda.

    Seorang CEO diperlukan untuk menangani para investor dan media saat itu sedangkan Direktur yang mengeksekusi semua yang CEO instruksikan.

    Bisa disimpulkan bahwa CEO adalah sang pemilik rencana dari sebuah perjalanan bisnis sebuah perusahaan, sedangkan Direktur lah yang menjalani strategi perjalanan tersebut.

    Bagaimana? Sudah sedikit ada bayangan kan tentang perbedaan CEO dan Direktur Executive?

    Sumber:
    https://kliksma.com/2016/07/berbeda-antara-ceo-dan-direktur.html
    http://www.jendelasarjana.com/2014/05/pengertian-ceo.html
    http://www.hukumonline.com/klinik/detail/lt54d01158a92cd/apakah-jabatan-ceo-sama-dengan-direktur-utama

     

    Related posts

    Leave a Reply

    %d bloggers like this: