Breaking News

    Performance Indicator: Good or Bad?

    Performance Indicator: Good or Bad?

    Key Performance Indicators (KPIs) terkadang menjadi tidak efektif ketika digunakan untuk mengoptimisasi performa perusahaan, dan bahkan berbahaya dalam jangka panjang. Berikut beberapa tips untuk menghindari kesalahan

    1. Fokus pada Kualitas bukan Kuantitas

    KPI yang digunakan sekarang memiliki jumlah yang jauh lebih banyak dibandingkan pada jaman dulu. Di sini kita bisa melihat bahwa perusahaan cenderung menambahkan KPI bergantung pada keadaan. Lalu berapakah jumlah optimal KPI? KPI tidak diragukan lagi merupan faktor kesuksesan, tapi kita juga perlu memastikan KPI yang kita gunakan sesuai dengan tujuan perusahaan. Kita harus melihat lagi KPI yang kita gunakan apakah relevan dengan bisnis yang sekarang dijalankan sehingga KPI akan lebih efektif.

    1. Kenali sisi buruk Performance Indikator Anda

    KPI bisa saja justru memiliki sisi buruk, misalnya membuat karyawan kehilangan motivasi ketika target sudah tercapai. Untuk itu, bukan berarti kita harus berhenti menggunakan KPI. Kita tetap perlu menggunakannya dengan tujuan untuk membantu strategi bisnis perusahaan, bukan menghancurkannya. Selain itu, KPI bertujuan untuk mengukur berbagai aspek perusahaan. KPI juga bertujuan untuk menghidari efek merugikan bagi perusahaan.

    1. Berani untuk Mengubah Pola

    Kita harus selalu ingat bahwa KPI merupakan sesuatu yang fleksibel. Ekonomi sekarang berkembang dengan sangat cepat sehingga kita perlu beradaptasi dan memastikan bahwa indikator-indikatornya sudah sesuai konteks.

    1. Jauhi Hal yang Biasa

    Bisnis Anda itu unik. KPI dalam satu perusahaan belum tentu cocok dengan perusahaan lainnya. Karena itu kita tidak perlu melihat KPI yang umum digunakan.

    1. Beri Kewenangan Bawahan

    Berikan karyawan anda kebebasan untuk bertindak dari pada mengubur potensi mereka dan berdampak pada tertundanya pencapaian tujuan. Karyawan harus mampu dalam mengambil keputusan bersama-sama dan mencapai tujuan perusahaan.

     

    Sumber: http://www.totemconseil.com/en/performance-indicator-good-or-bad/

     

    Related posts

    Leave a Reply

    %d bloggers like this: