Breaking News

    Perkembangan Ego

    Perkembangan Ego

    Perkembangan kepribadian seseorang berasal dari pengalaan sosial sepanjang hidupnya. Menurut erik erikson Perkembangan tersebut sangatlah besar dalam mempengaruhi kualitas ego seseorang. Ego seseorang akan terus berubah seiring dengan berbagai pengalaman yang dilalui dari interaksi sosialnya. Seseorang baik secara sadar dan tidak sadar menerima berbagai informasi baru yang mempengaruhi hidupnya dan kualitas egonya.

    Menurut Freud, tingkatan ketiga setelah ego adalah superego. Superego menampung semua standar internalisasi moral dan cita-cita yang diperoleh dari orangtua dan masyarakat. Superego memberikan pedoman untuk membuat penilaian. Misalnya ketika ada ketidaksesuaian perilaku seseorang yang ingin mempengaruhi kita maka superego hadir secara sadar dan membuat kita merasa perilaku tersebut adalah tidak benar dan tidak seharusnya dilakukan.

    Seseorang dengan kekuatan ego yang baik dapat secara efektif mengelola tekanan antara id, ego, dan superego. Sedangkan mereka dengan kekuatan ego terlalu banyak atau terlalu sedikit dapat menjadi terlalu keras hati atau terlalu mengganggu.

    Ego akan terus berkembang sepanjang hidup maka untuk menjadikan ego kita positif dan berkembang dengan baik, kita harus berada di lingkungan yang baik dan berinteraksi dengan orang-orang yang mampu memberikan motivasi terhadap kepribadian kita.

    Related posts

    Leave a Reply

    %d bloggers like this: