Breaking News

    Pilih Kerja atau Kuliah Dulu?

    Pilih Kerja atau Kuliah Dulu?
    Lanjut kuliah atau kerja? Mungkin pertanyaan tersebut adalah pertanyaan yang paling sering muncul di benak siswa-siswa yang baru lulus SMA, menimbulkan dilema tiada tara. Padahal pertanyaan tersebut sangat sederhana dan tinggal pilih salah satunya. Tapi sungguh tidak segampang itu menjawabnya, karena jawaban akan pertanyaan tersebut akan menentukan bagaimana jalan hidup anada di masa depan, bahkan hingga tua dan mati.

    Bekerja atau kuliah setelah lulus SMA/SMK memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Agar tidak bingung dalam merencanakan tujuan hidup Anda, simak gambaran perbedaan dari bekerja dan kuliah yang bisa Anda jadikan referensi dalam membuat keputusan.

    A. Kerja

    1. Memiliki Penghasilan Sendiri

    Kisaran gaji lulusan SMA/SMK terbatas dan nilainya lebih kecil ketimbang lulusan S1. Saat ini kisaran gaji UMR lulusan SMA/SMK adalah Rp2 juta – Rp2,8 Juta. Sedangkan, lulusan S1 gaji UMR yang diperoleh di angka Rp3,3 juta.

    2. Mandiri Secara Keuangan

    Karena sudah bekerja dan menerima gaji, kamu bebas mengatur keuangan pribadi, semisal menggunakan gaji untuk biaya hidup, menabung dan kebutuhan lainnya.

    3. Jenis Profesi Terbatas

    Tidak banyak pilihan posisi lowongan pekerjaan yang dipercayakan kepada para lulusan SMA atau SMK.

    4. Jenjang Karir Tidak Sebaik Lulusan S1

    Faktanya, persaingan di dunia kerja semakin ketat. Jika kamu hanya mengandalkan ijazah SMA/SMK, maka jenjang karir yang kamu dapatkan cenderung stagnan dan sulit mengalami kenaikan.

    B. Kuliah

    1. Menambah Beban pengeluaran

    Biaya kuliah tidak murah. Kisaran biaya yang dikeluarkan selama 4 tahun untuk :

    Universitas Negeri ialah minimal Rp24 juta

    Universitas Swata ialah minimal Rp40 juta

    (biaya ini belum termasuk biaya pendaftaran, uang gedung, uang buku, praktikum dan lain-lainnya)

    2. Masih bergantung kepada orang tua

    Umumnya, jika kamu kuliah, tidak ada penghasilan sendiri. Otomatis, kamu masih bergantung dari uang saku bulanan dari orang tua untuk biaya hidup dan kuliah.

    3. Peluang Profesi Terbuka Lebar

    Ketika kamu kuliah dan memilih jurusan yang kamu ingin pelajari, setelah lulus pun kamu memiliki kesempatan lebih besar untuk bekerja di bidang yang sama atau lintas bidang.

    4. Jenjang Karir Lebih Jelas

    Selesai kuliah, dengan modal ijazah sarjana, kamu sudah memiliki modal untuk bekerja dan jenjang karir yang lebih jelas di masa depan.

    Related posts

    Leave a Reply

    %d bloggers like this: