Breaking News

    Prinsip kesetaraan gender di tempat kerja

    Prinsip kesetaraan gender di tempat kerja

    Ketidakadilan di negeri ini rupanya masih menjadi sebuah permaslahan dan isu kesetaraan gender di abad 21 semakin merebak, adanya kaum perempuan memberontak karena perilaku ketidakadilan yang biasa hadir dari pihak laki-laki sebagai sosok yang maskulin. Laki-laki dan perempuan adalah sama, mereka adalah makhluk ciptaan Tuhan, perbedaannya hanya terletak pada jenis kelamin dan reproduksi. Kesetaraan gender adalah kesataraan peran sehingga dalam setiap aktivitas tugas dan tanggung jawan laki-laki dan perempuan sama.

    Budaya bangsa Indonesia masih menarik-narik “perempuan”, menjadikan perempuan termarjinalisasi dan menjadikan perempuan sebagai subordinat. Pekerja perempuan dianggap warga kelas 2 (dua) karena budaya patriarkhi dalam kehidupan budaya bangsa Indonesia masih kental. Namun pemikiran-pemikiran mengenai kesetaraan peran sudah mulai dikumandangkan dan semangat ini sudah terbakar untuk menghapuskan diskriminasi terhadap perempuan, misalnya dalam masalah pekerjaan. 

    Kesetaraan gender, atau kesetaraan antara laki-laki dan perempuan, mengacu
    pada pemenuhan hak-hak, kesempatan dan perlakuan yang adil oleh laki-laki
    dan perempuan dari semua kelompok umur di segala tahapan kehidupan dan, Kesetaraan gender berarti bahwa semua manusia bebas mengembangkan
    kemampuan pribadi mereka dan memilih tanpa dibatasi oleh stereotip dan
    prasangka tentang peran gender atau karakteristik laki-laki dan perempuan.

    Kesetaraan gender tidak berarti bahwa laki-laki dan perempuan adalah
    sama, atau telah menjadi sama, tapi hak-hak, tanggungjawab, status sosial dan
    akses ke sumberdaya mereka tidak tergantung dari gender mereka.

    Related posts

    Leave a Reply

    %d bloggers like this: