Breaking News

    Prokrastinasi? Apa Penyebabnya?

    Prokrastinasi? Apa Penyebabnya?

    Psikolovers, kalian pasti sering menunda-nunda pekerjaan, kan? Malas untuk mengerjakan dan terus saja menunda sampai kalian tidak menyadari bahwa waktu terus berjalan dan deadline semakin dekat. Menunda-nunda pekerjaan, atau prokrastinasi, jelas bukan hal yang baik untuk dilakukan. Banyak akibat yang bisa ditimbulkan dan tiindakan prokrastinasi ini, di antaranya karena sisa waktu yang sedikit, pekerjaan yang dikerjakan menjadi tidak maksimal. Mengapa prokrastinasi itu bisa terjadi, ya?

    Menurut Bernard (1992), prokrastinasi disebabkan oleh 10 faktor berikut:

    1. Kecemasan

    Bernard mengemukakan bahwa kecemasan yang dialami seseorang dipengaruhi oleh perilaku stressful diirnya sendiri. Perilaku stressful merupakan sikap dan kognisi seseorang akan kejadian yang mereka alami. Ia akan menilai situasi yang dialaminya membawa ancaman sehingga menyebabkan respon emosional berupa kecemasan yang meningkat.. hasilnya, ia akan cenderung melakukan prokrastinasi.

    2. Kurangnya self-depreciation

    Self-depreciation, atau penghargaan akan diri, akan menyebabkan seseorang melakukan prokrastinasi karena individu menyalahkan dirinya sendiri bahkan dalam hal yang tidak terlalu penting. Ia akan mengalami kesulitan dalam menyusun rencana sehingga ia merasa tidak yakin dengan dirinya sendiri dan semakin mempersulitnya dalam melakukan pekerjaan.

    3. Rendahnya toleransi terhadap ketidakyakinan

    Individu yang memiliki toleransi terhadap kentidaknyamanan yang rendah akan terbiasa menghindari dan menarik diri dari tugas-tugas yang menimbulkan frustrasi.

    4. Pencarian kesenangan

    Individu biasanya menolak untuk mengorbankan kesenangannya untuk mengerjakan tugas yang penting sekalipun. Ia akan lebih memiliki menjalani hal yang menurutnya menyenangkan.

    5. Disorganisasi waktu

    Individu mungkin saja melakukan prokrastinasi karena terlalu banyaknya waktu yang terbuang sia-sia.

    6. Disorganisasi lingkungan

    Lingkungan yang tidak nyaman bisa membuat seeorang enggan untuk melakukan pekerjaannya dan terus menunda.

    7. Rendahnya pendekatan terhadap tugas

    Prokrastinasi bisa disebabkan karena kurangnya pemahaman seseorang akan tugas yang dikerjakannya sehingga ia kesulitan dan memilih untuk menunda pekerjaan tersebut.

    8. Kurangnya asertivitas

    Tidak bisa mengatakan “tidak” menjadi salah satu penyebab prokrastinasi. Meskipun ia sebenarnya tidak ingin melakukannya atau tidak memiliki cukup waktu, namun karena ketidakasetifannya, ia menerima pekerjaan tersebut tapi pada akhirnya menunda pekerjaan karena tidak suka atau tidak memiliki cukup waktu.

    9. Kekerasan terhadap orang lain

    Faktor kemarahan bisa menjadi penyebab timbulnya prokrastinasi. Misalnya saja, seseorang merasa kecewa dengan rekan kerjanya sehingga ia enggan melakukan tugas yang rekan kerjanya berikan.

    10. Stres dan kelelahan

    Stress dan kelelahan juga akan membuat seeorang melakukan prokrastinasi. Ia tidak mampu mengerjakan tugas secara maksimal sehingga ia terus menunda pekerjaan tersebut sampai ia tidak merasa lelah atau stress.

    Related posts

    Leave a Reply

    %d bloggers like this: