Breaking News

    Rekomendasi Screen-time untuk Bayi dan Anak Kecil

    Rekomendasi Screen-time untuk Bayi dan Anak Kecil

    Penggunaan media pada anak-anak prasekolah dan anak-anak usia sekolah telah dikaitkan dalam studi terhadap masalah kesehatan, penundaan bahasa, masalah perhatian, perilaku agresif dan kesulitan tidur. Ada sedikit penelitian lebih lanjut pada anak-anak berusia di bawah dua tahun, namun ada kekhawatiran tentang potensi efek negatif yang lebih besar. Mengingat tidak ada manfaat yang diketahui dari penayangan media dalam kelompok usia muda ini, dokter anak memuji pembatasan paparan media (termasuk TV) pada bayi dan anak-anak yang sangat muda.

    Bila kita mengizinkan anak menonton TV atau menggunakan gawai kita, ada beberapa hal yang dapat kita lakukan untuk membatasi potensi efek negatif:
    1. Buatlah interaktif
    Tetaplah berada di dekat anak-anak Anda sehingga Anda dapat membicarakan konten yang mereka lihat dan membantu mereka memahami apa yang mereka hadapi.

    2. Perluas pembelajaran mereka
    Bantu anak-anak Anda membuat koneksi tentang apa yang mereka lihat di layar dan apa yang dapat mereka temukan atau lakukan di dunia nyata. Jika mereka menonton pertunjukan tentang binatang, carilah binatang-binatang itu di buku-buku atau berpura-pura menjadi binatang-binatang di permainan Anda bersama-sama sesudahnya.

    3. Hati-hati dengan konten
    Anak kecil tidak dapat membedakan antara fantasi dan kenyataan di layar. Matikan TV jika tidak ada yang menonton sehingga tidak mengalihkan perhatian Anda pada siang hari dan simpan keinginan Anda menontonnya sampai anak-anak Anda tidur.

    Meskipun sangat membantu untuk mengetahui bagaimana membatasi potensi efek negatif, namun berguna untuk mengetahui alternatif yang lebih sehat untuk bermain di layar. Waktu bermain tidak terstruktur jauh lebih berharga bagi otak anak kecil yang sedang berkembang daripada paparan media elektronik, termasuk paparan terhadap program atau permainan layar sentuh yang digambarkan sebagai pendidikan.

    Penting agar kita membatasi berapa banyak dan seberapa sering anak-anak kita membiarkan screen-time, karena permainan lebih baik untuk mereka.

    Related posts

    Leave a Reply

    %d bloggers like this: