Breaking News

    Seberapa Lamakah Waktu Tidur yang Cukup Bagi Anak?

    Seberapa Lamakah Waktu Tidur yang Cukup Bagi Anak?

    Tahukah Anda, Ayah Ibu, anak kecil menghabiskan kira-kira setengah hidup mereka untuk tidur? Tubuh dan otak mereka membutuhkan banyak tidur, karena tidur sangat penting untuk:
    1. Pengembangan otak
    2. Perhatian, konsentrasi, daya ingat dan pembelajaran
    3. Badan yang sedang tumbuh
    4. Energi fisik
    5. Suasana hati dan kemampuan anak untuk mengatasi stres dan gangguan
    6. Menjaga sistem kekebalan tubuh

    Bayi dan anak kecil memiliki waktu  tidur yang lebih banyak dari yang kita duga. Meskipun akan ada variasi waktu tidur antara anak-anak, berikut adalah persyaratan rata-rata waktu tidur untuk bayi dan anak kecil:
    – Pada usia 0-2 bulan: 12-18 jam per hari
    – Pada usia 2-12 bulan: 14-15 jam per hari
    – Pada usia 1-3 tahun: 12-15 jam per hari
    – Pada usia 3-5 tahun: 11-13 jam per hari
    Anak yang tidak memiliki waktu tidur yang cukup sering tercermin dalam perilaku mereka. Jika anak Anda sering berperilaku tidak baik atau mengalami kesulitan dalam mengatur perasaannya, ada gunanya mempertimbangkan apakah ia harus tidur lebih awal, atau tidur di siang hari mungkin bisa membantu.

    Tips untuk memperbaiki kualitas tidur anak anda:

    1. Waktu tidur lebih awal: Saat anak-anak terlambat tidur, mereka bisa menjadi terlalu bersemangat dan merasa sulit untuk menurunkan semangatnya tsb.
    2. Makanan: Hindari makanan manis sebelum tidur. Beberapa makanan seperti ceri, pisang dan susu hangat mengandung zat alami yang memudahkan untuk rileks dan tertidur.
    3. Hindari screen-time: Layar seperti TV dan gawai memancarkan cahaya terang yang membuat otak lebih sulit untuk tertidur.
    4. Waktu tidur yang konsisten: Memiliki rutinitas tidur yang konsisten sangat membantu sehingga anak-anak belajar mengasosiasikan rutinitas ini dengan tidur. Contohnya adalah makan malam, waktu mandi, menyikat gigi, waktu cerita dan tempat tidur. Bagi bayi, pertimbangkan untuk menyanyikan lagu yang sama setiap malam saat Anda membawa bayi Anda tidur sehingga ia belajar untuk memprediksi bahwa akan segera waktunya untuk tidur.
    5. Tempat untuk tidur: Pastikan kamar tidur anak Anda gelap atau remang-remang menggunakan lampu malam. Ini juga membantu anak-anak bersantai di malam hari saat kamar tidur mereka menjadi tempat yang nyaman untuk tidur.

    Related posts

    Leave a Reply

    %d bloggers like this: