Breaking News

    Self Compassion, Salah Satu Cara Agar Terhindar dari Stress

    Pernah mendengar istilah self compassion?

    Menurut Greenberg, self compassion merupakan bentuk penerimaan diri apa adanya tanpa menginginkan kesempurnaan. Menurut Kristin Neff, seorang individu akan lebih memahami dirinya sendiri, dan tidak memaksakan diri untuk melakukan hal yang di luar batas kemampuan. Kita seolah mengatakan pada diri sendiri, “aku tahu kamu sedang melakukan yang terbaik, tapi kehidupan ini sangat keras dan kamu tidak perlu selalu melakukannya dengan benar karena kamu hanya manusia”. Dengan self  compassion, seseorang menyadari betul kebutuhan dan batasan dirinya sendiri, sehingga ketika seseorang mengalami kegagalan. Ia akan mampu mengelola kegagalan itu tanpa menyalahkan diri sendiri, dan mampu menyetabilkan emosi. Pada akhirnya, ia mampu melewati masa sulit dengan mudah.

    Penelitian menunjukkan bahwa self compassion sangat baik dalam memelihara kesehatan mental.

    Orang-orang yang menerapkan self compassion menunjukkan kecemasan dan depresi yang lebih rendahdan mampu mencapai tujuannya dengan baik. Sebuah penelitian lain menunjukkan bahwa self compassion membuat individu jauh lebih baik saat menghadapi perceraian.

    Self compassion membuat seseorang menyadari bahwa sebuah realita yang pahit hanya merupakan satu peristiwa buruk yang terjadi di kehidupannya. Bukan menggeneralisasi bahwa hidupnyalah yang selalu tidak beruntung. Seseorang akan mampu menjadi dirinya sendiri dalam menjalani kehidupannya. Dengan demikian, ia akan lebih merasa tenang, dan jauh dari kondisi stress, karena ketika ia mengalami tekanan, ia akan tidak akan menyalahkan diri sendiri dan keadaan. Namun justru menerima apa yang terjadi dan menjadikan momen tersebut sebagai sebuah pelajaran bagi dirinya sendiri.

     

    Related posts

    Leave a Reply

    %d bloggers like this: