Breaking News

    Siklus Berduka

    Siklus Berduka

    Adalah Kübler-Ross yang mengemukakan bahwa individu yang berduka setidaknya mengalami lima tahapan penting. Awalnya ia menerapkan tahap-tahapan ini kepada orang-orang sakit kritis atau terkena bencana (kehilangan pekerjaan, nafkah atau kebebasan karena di penjara). Namun dalam perjalanannya kedukaan ini pun dialami oleh mereka yang mengalami peristiwa kehilangan yang signifikan seperti perceraian, kematian, didiagnosis infertile (tidak bisa memiliki keturunan) bahkan mereka yang mengalami bencana alam.

    Kübler-Ross mengklaim bahwa tahapan ini tidak selalu terjadi secara berurutan dan mungkin saja ada tahapan-tahapan yang tidak selalu dialami oleh seseorang, walaupun katanya, orang setidaknya mengalami dua dari kelima tahapan tersebut. Bahkan ada yang mengalami tahapan-tahapan tersebut seperti roller coaster dengan fase naik-turunnya.

    Tahapan ini sifatnya sangat pribadi, tidak pernah ada hitungan waktu yang tepat. Sehingga individu tidak bisa diburu-buru untuk menyelesaikan tahapan tersebut.

     

    Related posts

    Leave a Reply

    %d bloggers like this: