Breaking News

    Skala-skala dalam MMPI

    Skala-skala dalam MMPI

    Berikut adalah skala-skala yg diukur dalam MMPI:


    1. Skala Validitas
    2. Skala ? (Cannot say score): menunjukkan jumlah dari pernyataan yang tidak dijawab.
    3. Skala L (Lie scale): terdiri dari pernyataan yang menggambarkan kekurangan-kekurangan kecil yang dijumpai pada setiap orang, yang pada umumnya setiap orang bersedia untuk mengakuinya.
    4. Skala F (False scale): terdiri dari pernyataan yang tidak dijawab sesuai dengan arah skoringnya.
    5. Skala K (Correction scale): terdiri dari pernyataan yang dimaksudkan untuk mengukur sikap subyek terhadap tes.

     

    1. Skala Klinis:
    2. Skala 1 (Hypochondriasis scale): terdiri dari pernyataan yang menggambarkan dimensi gangguan fisik dan fungsi tubuh.
    3. Skala 2 (Depression scale): terdiri dari pernyataan yang menggambarkan dimensi depresi.
    4. Skala 3 (Histeria scale): terdiri dari pernyataan yang menggambarkan dimensi histeria, skor yang tinggi menunjukkan ketidak-matangan, represi yang bersifat histeris, mudah terpengaruh oleh sugesti dan mudah bereaksi secara emosional. 
    5. Skala 4 (Psychopathic deviate scale): terdiri dari pernyataan yang menggambarkan dimensi kecenderungan seorang yang tidak memiliki nilai-nilai sosial, kurang dapat belajar dari pengalaman dan mempunyai kesulitan untuk mempunyai hubungan interpersonal yang menetap.
    6. Skala 5 (Interest scale): terdiri dari pernyataan-pernyataan untuk wanita dan pria yang menggambarkan minat dan perhatian terhadap orang dengan jenis kelamin yang berlainan.
    7. Skala 6 (Paranoid scale): terdiri dari pernyataan yang menggambarkan dimensi kecurigaan, merasa dikejar dan gejala-gejala paranoid lain. 
    8. Skala 7 (Psychasthenia scale): terdiri dari pernyataan yang menggambarkan sindrom neurotik seperti fobia, obsesi dan kompulsi.
    9. Skala 8 (Schizophrenia scale): terdiri dari pernyataan yang menggambarkan dimensi psikopatologi pikiran yang tidak biasa dan aneh dan perilaku yang banyak kaitannya dengan skizopfrenia.
    10. Skala 9 (Hypomania scale): terdiri dari pernyataan yang menggambarkan dimensi hipomania, emosionalitas, impulsivitas, pikiran-pikiran dan aktivitas yang berlebih.
    11. Skala 10 (Introversi sosial): terdiri dari pernyataan yang mengambarkan dimensi minat untuk berpartisipasi secara sosial.

     

    1. Skala Suplementari
    2. Skala A (Anxiety scale): terdiri dari pernyataan yang mengukur proses berpikir, emosi-emosi negatif, energi yang lemah, pesimis serta pemikiran yang negatif.
    3. Skala R (Repression scale): terdiri dari pernyataan yang mengambarkan kesehatan dan simtom fisik; emosionalitas, kekerasan, dan aktivitas; reaksi individu terhadap orang lain dalam situasi sosial; dominansi sosial , perasaan yang tidak adekuat serta minat pribadi dan vokasional.
    4. Skala Mas (Mainfest anxiety scale): terdiri dari pernyataan yang mengukurkan tanda-tanda kecemasan yang tampak seperti berkeringat, muka merah, gemetar, dan sebagainya.
    5. Skala Es (Ego Strength scale): terdiri dari pernyataan yang dimaksudkan untuk mengukur sikap individu terhadap keagamaan, moralitas, penghayatan serta kemampuan individu untuk beradaptasi terhadap ketakutan dan kecemasan yang dialaminya.
    6. Skala Lb (Low back pain scale): terdiri dari pernyataan yang mengukur berbagai keluhan fisik yang disebabkan  oleh masalah psikologis, perasaan negatif tentang orang lain, kegelisahan, dan kesulitan untuk mengekspresikan sikap dan kepercayaan kepada orang lain.
    7. Skala Ca (Caudality scale): terdiri dari pernyataan yang menggambarkan adanya masalah dalam pengendalian emosi dan kognisi pada pasien dengan parietal damage.
    8. Skala Dy (Dependence scale): terdiri dari pernyataan yang menggambarkan adanya kebutuhan yang kuat akan ketergantungan.
    9. Skala Do (Dominance scale): terdiri dari pernyataan yang mengambarkan individu yang lebih kuat dalam situasi berhadapan langsung secara pribadi, merasa aman, dan percaya diri.
    10. Skala Re (Social responsibility scale): terdiri dari pernyataan yang dimaksudkan untuk mengukur kesediaan individu menerima konsekuensi dari perilaku diri sendiri, integritas dan tanggung jawab individu terhadap kelompok.
    11. Skala Pr (Prejudice scale): terdiri dari pernyataan yang dimaksudkan untuk mengukur tingkat toleransi dan prasangka individu dalam pendapat dan keyakinan mereka.
    12. Skala St (Social status scale): terdiri dari pernyataan yang menggambarkan kebutuhan seseorang akan kehidupan yang lebih baik, seperti tempat tinggal atau pekerjaan yang lebih baik.
    13. Skala Cn (control scale): terdiri dari pernyataan yang mengukur sejauhmana individu mau membuka masalahnya pada orang lain.

    Related posts

    Leave a Reply

    %d bloggers like this: