Breaking News

    Statistika pada Marketing Research

    Statistika pada Marketing Research

    Ada beragam komentar mengenai statistika yang hampir sebagian besar berhubungan dengan kata “susah”. Hal ini dapat muncul ketika orang-orang melihat akan rentetan data, rumitnya rumus, serta sulitnya menginterpretasikan hasil yang diperoleh. Kenyataannya, statistika tidak harus dipandang sebagai ilmu yang susah untuk dipahami. Mari memandangnya sebagai ilmu yang banyak dibutuhkan dan digunakan di berbagai bidang.
    Berdasarkan penjelasan di atas maka dapat kita katakan bahwa statistika adalah suatu seni mempelajari data yang banyak dibutuhkan dan digunakan di berbagai bidang. Salah satu bidang yang dimaksudkan adalah bidang marketing atau secara khusus, marketing research.

    Marketing research merupakan salah satu aspek marketing yang paling penting dan menarik. Penting karena berkaitan dengan pengambilan keputusan. Menarik karena ada banyak hal yang terlibat dalam prosesnya. Misalnya, bagaimana menggabungkan ilmu manajemen, marketing serta statistika, untuk membantu proses pengambilan keputusan. Atau bagaimana informasi yang diperoleh dari consumers, customers, dan publik, untuk memperoleh informasi-informasi.

    Naresh K. Malhotra menyatakan bahwa salah satu hal yang harus dilakukan adalah mengambil beberapa kursus mengenai statistika dan metode kuantitatif.. Ada banyak hal yang terdapat dalam statistika dan data tidak cukup hanya dianalisis dengan grafik atau tabel. Untuk menganalisis data perlu metode-metode yang lebih advance dari hanya sekedar grafik atau peluang atau hipotesis. Semua itu tidak hanya dapat dipahami dengan hanya mengambil beberapa kursus yang berkaitan dengan statistika. Untuk meramalkan data yang dikumpulkan berdasarkan periode atau waktu tidak cukup dengan hanya mengambil satu kursus mengenai peramalan deret waktu, melainkan perlu pemahaman statistika dasar, perlu pemahaman analisis regresi, perlu pemahaman mengenai teori statistika. Oleh sebab itu merupakan hal yang cukup penting untuk mempelajari statistika secara penuh dan hal tersebut hanya dapat dilakukan dengan memilih jurusan statistika yang terdapat di beberapa universitas di Indonesia.

    Pada akhirnya, ada satu hal yang dapat kita simpulkan, yaitu statistika memegang peranan penting dalam bidang marketing research dan untuk menunjangnya diperlukan juga kemampuan dalam hal teknik informatika. Dan jika ingin berkarir dalam bidang-bidang tersebut pilihlah jurusan yang tepat.

    Sumber:
    https://socs.binus.ac.id/
    https://books.google.co.id/

    Related posts

    Leave a Reply

    %d bloggers like this: